10 Aplikasi Pemutar Musik untuk PC / Laptop Terbaik dan Gratis

NESABAMEDIA.COM – Kini musik sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Tidak lengkap rasanya jika saat melakukan aktivitas tidak mendengarkan musik. Mungkin dahulu orang – orang jika ingin mendengarkan lagu atau musik hanya bisa lewat radio, CD player, walkman ataupun radio tape.

Namun, sekarang sudah banyak cara untuk Anda dapat mendengarkan musik tanpa menggunakan media – media seperti zaman dahulu tersebut. Kini Anda bisa mendengarkan lagu dimana saja dan kapan saja hanya dalam genggaman tangan saja.

10 Aplikasi Pemutar Musik untuk PC / Laptop

Seiring berkembangnya teknologi, alat pemutar musik dapat dipasang di PC, laptop, ataupun smartphone Anda. Sudah banyak aplikasi pemutar musik yang disediakan secara gratis yang bisa Anda gunakan untuk mendengarkan lagu kesukaan Anda.

Nah, artikel kali ini akan menjelaskan beberapa aplikasi pemutar musik yang dapat Anda gunakan pada PC / laptop Anda. Ada beberapa aplikasi yang dapat menampilkan lirik lagu. Langsung saja, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

1. AIMP

AIMP

AIMP merupakan aplikasi pemutar musik untuk PC atau laptop yang dapat digunakan secara gratis. Aplikasi ini memudahkan Anda untuk membuat pengorganisasian lagu. Aplikasi AIMP dapat digunakan untk para koleksi musik mereka sendiri yang terdiri dari berbagai jenis trek dengan berbagai macam lokasi dan format, baik itu memiliki metadata yang lengkap ataupun tidak lengkap.

Anda dapat membuat perpustakaan lagu sendiri pada aplikas dengan menggunakan file dari banyak lokasi atau direktori dan juga dari hasil penyalinan dari CD, dan Anda akan mendapatkan penomoran trek secara otomatis dan pengisian tag yang dapat membantu Anda dalam membuat perpustakaan lagu yang lebih baik lagi.

Aplikasi AIMP mendukung berbagai format serta enkoder tambahan yang tersedia sebagai add-on. Aplikasi AIMP memiliki plugin yang mencakup beberapa fungsi nyata. Plugin yang menjadi sorotan adalah ekstensi Youtube nya. Ekstensi Youtube memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk membuat daftar playlist dari banyak video, add-on untuk melakukan streaming musik dari SOundCloud, dan juga ekstensi untuk mengontrol pemutar dari jarak jauh.

AIMP juga memiliki beberapa perangkat bawaan yang tidak seperti biasa. Diantaranya seperti fungsi jam alarm yang bisa mulai diputar pada waktu tertentu, pengaturan wind-down yang bisa mematikan PC pada akhir playlist, dan juga penghilang suara yang bisa digunakan untuk membuat trek karaoke sendiri.

2. Winamp

Aplikasi Pemutar Musik untuk PC

Winamp merupakan aplikasi pemutar musik yang sampai saat ini masih sangat populer. Aplikasi ini tersedia secara gratis yang dapat Anda download di situs resminya. Aplikasi Winamp tersedia untuk sistem operasi Windows ataupun MacOS.

Aplikasi Winamp mempunyai berbagai macam fitur diantaranya Winamp Video, Playlist Editor, Layanan Online, Equalizer, Main Windows, dan Visualisasi. Selain itu, Anda juga bisa megubah tampilannya menggunakan skin yang tersedia sesuai dengan keinginan Anda.

3. VLC Media Player

VLC media player

Aplikasi VLC Media Player lebih dikenal sebagai aplikasi untuk memutar film atau acara TV. VLC termasuk salah satu pemutar media terbaik tahun 2019 pada Windows 10. Selain dapat memutar film, aplikasi VLC juga dapat memenuhi kebutuhan musik seseorang.

Anda dapat membuat playlist lagu dari koleksi musik Anda yang ada di PC dengan menggunakan aplikasi VLC ini. Aplikasi VLC juga memberikan layanan radio online yang bisa digunakan dengan mudah oleh para penggunanya.

Aplikasi VLC juga dikenal sebagai aplikasi equaliser atau penyeimbang suara bawaan yang juga dilengkapi dengan fitur canggih lainnya yaitu fitur manajemen audio. Banyak orang menyukai aplikasi VLC karena aplikasi ini dapat memutar hampir berbagai format video dan audio.

VLC dapat digunakan di berbagai platform yaitu Windows, macOS, Android, Linux, Chrome OS, Windows Phone, Apple TV dan lain sebagainya.

4. Foobar2000

Aplikasi Pemutar Musik untuk Laptop

Foobar2000 menjadi aplikasi pemutar musik untuk PC / laptop yang sangat digemari para pecinta musik. Aplikasi ini dapat digunakan dengan baik di berbagai platform dan sudah dibuat dengan lengkap. Aplikasi Foobar2000 juga merupakan aplikasi gratis.

Aplikasi Foobar2000 dapat mendukung banyak format audio, termasuk tipe format yang tidak jelas. Tampilan Foobar2000 dapat Anda modifikasi sesuai dengan keinginan Anda. Bahkan aplikasi ini mendukung plugin pihak ketiga yang dapat memperluas kemampuannya.

Salah satu plugin yang bisa digunakan adalah scrobbler musik LastFM. Aplikasi ini memiliki banyak fungsi yang sudah tidak diragukan lagi. Anda dapat mengubah warna ataupun mengunduh skin baru jika ingin mengganti tampilan default nya.

5. Media Monkey

media monkey

MediaMonkey adalah aplikasi pemutar musik gratis yang dapat digunakan di PC / laptop. Jika dilihat pertama kali tampilannya seperti WMP yang didesain ulang tapi lebih banyak fitur. Aplikasi ini mendukung berbagai format audio dan juga Anda bisa secara otomatis menandai file audio, serta dapat menyingkronkan file dengan perangkat, dan juga streaming audio menggunakan network Anda.

Beberapa fitur yang bisa Anda gunakan dalam aplikasi MediaMonkey ini diantaranya adalah mampu menyalin CD dan memindahkannya ke dalam bentuk DVD ataupun CD, dapat melakukan konversi format audio, dapar mengelola volume secara otomatis, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga tersedia versi premium yang bernama MediaMonkey Gold agar Anda bisa mendapatkan fitur tambahan lainnya.

6. Windows Media Player

Aplikasi Pemutar Musik untuk PC / Laptop Terbaik

Aplikasi Windows Media Player masih menjadi aplikasi pemutar musik gratis dan terbaik untuk sistem operasi Windows, bahkan di Windows 10. Tampilannya yang sederhana menjadikannya favorit banyak pengguna. Jika Anda ingin mengganti tampilan default nya, Anda juga bisa mengganti skin kustom WMP.

Aplikasi WMP juga mendukung berbagai macam format audio, dan aplikasi ini juga bisa memainkan beberapa format gambar dan video. Anda juga bisa mengelola perpustakaan lagu milik Anda, membuat playlist, menyalin lagu, serta memasukkannya pada CD ataupun DVD.

WMP juga mampu mengimpor metadata dari internet. Anda juga bisa menyingkronkan perpustakaan musik dengan beberapa perangkat portabel menggunakan aplikasi Windows Media Player ini. Dan Anda juga bisa membagikan perpustakaan musik Anda dengan orang lain.

7. Groove Music

Aplikasi Groove Music saat peluncurannya tidak berjalan begitu baik, yang menjadikannya setengah hati dalam menggantikan aplikasi WMP, namun peningkatannya dari waktu ke waktu telah mengubah aplikasi ini menjadi aplikasi pemutar musik yang perlu dipertimbangkan.

Aplikasi ini bisa menyingkronkan musik antara windows, iOS, android, dan Xbox sehingga membuat Anda dapat mendengarkan lagu di mana pun sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda termasuk pengguna yang menyimpan lagu di OneDrive atau di windows dan hanya memainkan lagu tersebut, maka aplikasi Groove Music layak untuk Anda coba.

8. GOM Audio

Aplikasi GOM Audio adalah aplikasi pemutar musik gratis untuk PC / laptop. Aplikasi ini mempunyai kualitas suara yang jernih, dan juga ada beberapa fitur lainnya diantaranya pemutar multi kecepatan, equalizer, penyesuaian dan lain sebagainya.

GOM audio menjadi salah satu aplikasi pemutar musik yang cukup populer dan banyak digunakan oleh orang banyak. Aplikasi ini juga memiliki fitur lirik sync yang dapat menampilkan lirik lagu yang Anda mainkan. Jika Anda tidak mempunyai lirik lagu yang akan di putar, maka Anda dapat memasukkannya dengan menggunakan Sync Lyrics Editor. Aplikasi ini juga memiliki fitur GOMPod yang mana Anda bisa mendengarkan podcast secara streaming ataupun dengan mengunduhnya.

9. MusicBee

Aplikasi Pemutar Musik untuk Windows

MusicBee adalah aplikasi pemutar musik untuk PC / laptop yang dapat digunakan secara gratis untuk para pecinta musik. Aplikasi MusicBee memiliki banyak fitur yang dibutuhkan seperti mengelola dan menikmati musik dalam jumlah yang sangat besar. Perpustakan musik aplikasi ini dapat memuat hingga 500.00 lagu.

Aplikasi MusicBee ini dibuat untuk memaksimalkan perangkat keras PC atau laptop Anda, termasuk top-end soundcard dan pengaturan surround-sound dengan upmixing untuk suara stereo. Aplikasi ini hampir mendukung semua format audio. Dan aplikasi ini dapat melakukan konversi file dengan preset untuk parangkat pemutar yang berbeda. Tapi, jika anda ingin melakukan encoding MP3 Anda harus mengunduh codec LAME terlebih dahulu.

Aplikasi MusicBee juga bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan Android, dan dukungan untuk plugin WinAmp. Walaupun aplikasi ini bukan open source, tapi Anda dapat menggunakan sepenuhnya secara gratis.

10. Dopamine

Dopamine adalah aplikasi pemutar musik untuk Windows yang open source. Aplikasi ini mungkin terlihat mirip dengan aplikasi UWP yang dibuat oleh Microsoft, tapi kenyataannya berbeda aplikasi Dopamine tidak dibuat oleh Microsoft dan tidak tersedia di Store.

Aplikasi Dopamine dapat mendukung berbagai macam format audio, diantaranya MP4, WMA, OGG, WMA, FLAC, M4A, APE, AAC, OPUS, dan WAV. Aplikasi Dopamine dapat menampilkan lirik lagu secara real time, scrobbilng LastFM, dan lain sebagainya. Tapi ada beberapa fitur yang mengharuskan Anda menjalankannya di Windows 10.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang 10 Aplikasi Pemutar Musik untuk PC / Laptop. Setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Gunakanlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend