Download DimScreen

Download DimScreen 1.1

Download DimScreen Developer: DC Members
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 300KB



Selain mengistirahatkan mata secara periodik dengan cara berhenti menatap layar monitor selama beberapa menit, kesehatan mata juga bisa dijaga dengan mengatur tingkat kecerahan layar.

Layar monitor yang cahayanya lebih terang daripada cahaya ruangan merupakan salah satu sumber masalah yang menjadi penyebab menurunnya daya penglihatan. Suatu saat nanti, mungkin penglihatan akan terasa mengabur ketika anda keluar dari rumah dan melihat beberapa benda pada jarak tertentu.

Untuk mencegahnya, anda harus menyesuaikan cahaya monitor dengan cahaya ruangan. Sedangkan untuk mengatur cahaya monitor, ada dua pilihan. Menggunakan tombol-tombol yang ada pada monitor atau menggunakan solusi berbasis software seperti DimScreen.

DimScreen adalah hasil kompilasi script AutoHotkey untuk mengatur tinggi rendahnya tingkat kecerahan layar. Pengaturannya dilakukan secara manual, tapi tetap lebih mudah ketimbang mengutak-atik tombol monitor setiap kali anda hendak merubah tingkat kecerahan layar.

Fitur dan Cara Kerja DimScreen

Download DimScreen

Tampilan DimScreen

 

DimScreen bisa digunakan tanpa melalui proses instalasi. Tingkat kecerahan layar monitor akan langsung dikurangi oleh DimScreen begitu anda menjalankannya. Ada beberapa level yang disediakan DimScreen, mulai dari 0%, 10%, 20%, 30%, dan seterusnya hingga 90%. Secara default layar monitor akan diturunkan kecerahannya hingga level 50% pada saat anda menjalankan DimScreen untuk yang pertama kalinya.

Untuk mengubah level, klik kanan pada icon DimScreen, lalu pilih level lain yang ingin anda aktifkan. Makin tinggi level yang anda pilih, layar monitor juga akan makin redup. Selain menggunakan mouse, cahaya monitor juga dapat diatur dengan hotkey. Caranya, klik kanan pada icon DimScreen, klik Settings, lalu masukkan hotkey yang anda inginkan pada dua kolom yang tersedia.

Kolom “increase dimming hotkey” berfungsi untuk meredupkan layar monitor, sedangkan kolom “decrease dimming hotkey” ditujukan untuk meninggikan tingkat kecerahan layar.

Selain dua kolom di atas, masih ada satu kolom lagi yang dinamakan “startup dimming (0-90%)”. Level yang anda masukkan ke dalam kolom tersebut akan langsung diaktifkan begitu DimScreen dijalankan. Jika anda mengisi kolom dengan angka 60, maka layar akan diredupkan hingga 60%.

Anda hanya bisa memasukkan angka yang termasuk kelipatan 10. Jika anda mengisinya dengan angka lain, maka angka tersebut akan dibulatkan. Sebagai contoh, jika anda memasukkan angka 85, maka layar hanya akan diredupkan hingga 80%.

Download DimScreen Terbaru

Selama DimScreen dijalankan, anda akan melihat icon DimScreen yang sederhana pada area notifikasi. Jika DimScreen ditutup, maka secara otomatis tingkat kecerahan layar akan kembali seperti semula.

DimScreen tidak semewah f.lux atau CareUEyes yang mampu meredupkan layar monitor secara otomatis sesuai dengan kondisi cahaya eksternal, tapi DimScreen jauh lebih ringan. Jika anda tidak tertarik dengan segala pernak-pernik fitur yang bertebaran di kedua software tersebut, mungkin kesederhanaan DimScreen akan mampu menarik perhatian anda untuk mencobanya. Download DimScreen terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend