Download DOSBox Terbaru

Download DOSBox 0.74.3

Download DOSBox Terbaru Developer: The DOSBox Team
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 2MB
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars Click to voteLoading...



DOSBox adalah satu di anara beberapa program emulator dari komputer IBM PC. Software DOSBox kompatibel dengan OS DOS. Seseorang yang memprakarsai hadirnya program tersebut adalah Peter Veenstra, Ulf Wohlers, Sjoerd van der Berg, dan juga Tomm Frossman. Pertama kali DOSBox diluncurkan pada tanggal 22 Juli 2002.

Untuk versi stabilnya yaitu 0.74 di tanggal 22 Juli 2021. DOSBox selalu mengalami perkembangan dan membuat kemampuannya dalam menjalankan fungsinya lebih baik. Misalnya hadirnya DOSBox SVN r4122 yang rilis pada 25 Juni 2018. Kemudain ada juga DOSBox-X dari Jon Campbell yang dapat Anda tambahkan emulasi pada sistem komputer Jepang, yaitu NEC PC-98.

Dalam menjalankan tugasnya, DOSBox berbasis perintah baris. Ini merupakan software yang cukup populer di antara para pemain game jadul. Dengan DOSBox, Anda bisa menjalankan sebuah emulaor yang berbasis real mode maupun protected mode.

Salah satu kelebihan DOSBox adalah mampu menjalankan sebuah program DOS yang tidak ermasuk game. Anda bisa menjlankan sistem operasi seperti Windows 3.1 pada DOSBox. Meskipun fungsi utamanya adalah untuk menjalankan sebuah game. Selain itu, DOSBox memiliki tampilan sederhana sehingga bagi banyak orang tidak akan kesulitan mengoperasikannya.

Beberapa Perintah yang Ada di DOSBox

Beberapa Perintah yang Ada di DOSBox

Seperti informasi yang kami jelaskan bahwa DOSBox tidak memiliki gambar. Untuk mengoperasikannya, Anda memerlukan perintah khusus. Di bawah ini kami akan menjelaskan beberapa perintah dasar yang bisa Anda gunakan ketika mengoperasikan DOSBox.

  • Dir: perintah yang digunakan untuk melihat isi direktori. Perintah ini sama dengan yang ada di CMD di mana Anda bisa mengecek apa isi yang ada pada sebuah folder
  • Alt-Enter: perintah ini digunakan untuk beralih ke mode layar penuh maupun windowed. Untuk membuat Anda semakin nyaman menggunakan DOSBox, mungkin Anda perlu mengubahnya ke mode layar penuh. Untuk itu Anda bisa menggunakan tombol kombinasi Alt-Enter
  • Ctrl-F11: sementara itu, tombol Ctrl-F11 bisa Anda gunakan untuk memperlambat permainan. Biasanya ini digunakan ketika Anda merasa bahwa permainan berlangsung terlalu cepat
  • Ctrl-F12: adapun jika permainan cenderung lambat, maka Anda bisa menggunakan tombol ini sehingga membuat permainan tersebut menjadi lebih cepat

Download DOSBox Terbaru

Hanya saja untuk menggunakan DOSBox, orang tersebut memang harus memahami beberapa perintah yang ada pada DOSBox. Mengapa? Karena software ini tidak menyediakan gambar atau ikon tertentu. Yang Anda temukan hanya tulisan seperti halnya ketika Anda menggunakan Command Prompt atau CMD.

Kelebihan berikutnya adalah DOSBox merupakan sofware yang bersifat gratis. Selain itu, karena hanya berupa tulisan saja maka tidak heran jika software tersebut sangat ringan. Bahkan komputer dengan spesifikasi biasa pun tidak akan mengalami masalah ketika menjalankannya. Download DOSBox terbaru dan gratis untuk Windows melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend