Download GeoServer Terbaru

Download GeoServer 2.19.0

Developer: GeoServer
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 100MB
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars Click to voteLoading...



Apa itu GeoServer? GeoServer merupakan sebuah perangkat lunak server yang bersifat open source. Software ini dirilis dalam bahasa Java yang memungkinkan para penggunanya untuk mengedit maupun berbagi data geospasial. GeoServer merupakan aplikasi yang dirancang untuk keperluan interoperabilitas.

Fitur dan Keunggulan GeoServer

Fungsi GeoServer

Tampilan GeoServer

Fungsi utama dari GeoServer adalah sebagai server bebas dan juga terbuka di dalam membangun data spasial. Tidak jauh berbeda dengan Apache HTTP Server yang sudah menawarkan web secara gratis serta terbuka dalam mempublikasikan HTML. Software GeoServer bisa dijalankan pada beberapa sistem operasi antara lain Windows, Linux, dan juga OS X.

Jenis-Jenis Geospasial

Terdapat lima jenis web services yang akan kami bahas yaitu WFS, WMS, WMTS, WCS, dan juga WPS. Informasi mengenai kelima jenis Geospasial tersebut antara lain:

1. WMS (Web Map Service)

WPS merupakan spesifikasi internasional dalam menyediakan antara tampilan HTML secara sederhana di dalam melayani request serta penggunaan peta dinamis. WMS mendukung kemampuan di dalam menentukan apakah gambar tersebut transparan atau tidak. Jika tingkat transparannya tidak 100% (antara 0 sampai 1), layers yang berasal dari beberapa server bisa digabungkan.

2. WFS (Web Feature Service)

WFS berperan menawarkan fitur data atribut dan geometri yang bisa digunakan untuk berbagai jenis analisis geospasial. Layanan WFS ini juga mendukung filter yang bisa digunakan pengguna dalam melakukan query spasial serta pengaturan dari data atribut. Beberapa contoh dari operasi WPS antara lain: DescribeFeatureType, GetCapabilities, dan juga GetFeature.

3. WMTS (Web Map Tile Service)

WMTS merupakan spesifikasi internasional yang berguna melayani peta digital melalui web. Jenis geospasial yang satu ini menggunakan tile-tile gambar yang sudah di-cache. Layanan WMTS ini juga berguna dalam membuat cached map maupun image services yang tersedia terbuka.

4. WCS (Web Coverage Service)

WCS menyediakan spesifikasi untuk berbagi dataset raster pada web. Layanan WCS ini akan menampilkan data ke dalam format yang bisa dipakai sebagai input untuk melakukan analisis dan permodelan. Tidak jauh berbeda dengan WMS yang juga untuk menampilkan peta. Adapun kumpulan data yang terdapat di dalam WCS dinamakan coverage.

5. WPS (Web Processing Service)

WPS merupakan sebuah spesifikasi standar internasional di dalam melayani serta melaksanakan pemrosesan geospasial pada web. Standar tersebut juga digunakan untuk mendefinisikan bagaimana seorang pengguna di dalam meminta atau request eksekusi dari suatu proses serta bagaimana outputnya.

Layanan yang terdapat pada WPS antara lain:

  • Request metadata mengenai service (GetCapabilities)
  • Request informasi secara detail mengenai proses yang bisa dijalankan pada service (DescribeProcess)
  • Request dalam menjalankan proses yang diaplikasikan oleh WPS (Execute)

Download GeoServer Terbaru

GeoServer sangat bermanfaat untuk beragam keperluan yang berhubungan dengan GIS. Software ini berperan dalam menghubungkan data atau informasi ke dalam global virtual misalnya Nasa World Wind, Google Earth, serta mengaplikasikannya ke peta yang berbasis web. Salah satunya Google Maps, OpenLayers, dan juga Bing Maps. Dengan adanya GeoServer, maka kita bisa menampilkan data dalam berbagai format. Download GeoServer terbaru dan gratis untuk Windows melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend