Download NetBeans IDE

Download NetBeans 11.2

Download NetBeans IDE Developer: The Apache Software Foundation
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 175MB



NetBeans adalah sebuah software yang berbasis Java, C++, PHP dan bahasa pemrograman lainnya. NetBeans sering juga disebut sebagai sebuah open-source project yaitu platform komponen modular yang digunakan untuk membuat atau mengembangkan program berbasis Java.

Pada Juni 2000 hingga Januari 2010, NetBeans dibuat dan disponsori oleh Sun Microsystem. Terdapat dua produk dari NetBeans, yaitu NetBeans IDE dan NetBeans Platform. NetBeans IDE (Integrated Development Environment) adalah software yang memungkinkan penggunanya untuk mengembangkan Java Desktop, aplikasi web hingga mobile.

Kelebihan NetBeans

Download NetBeans IDE

Tampilan NetBeans IDE

NetBeans adalah software yang memiliki beberapa fungsi. Software ini digunakan oleh programmer untuk mengompile, mencari kesalahan, menulis dan menyebarkan pemrograman lainnya. Terdapat beberapa fitur pada NetBeans.

1. Lifecycle Management

Tidak jauh berbeda dengan software lainnya, NetBeans juga menyediakan layaan siklus hidup ke sistem Java. Software ini dapat digunakan untuk meyusun modul EJB, modul web dan artefak lainnya yang dimasukkan ke aplikasi web.

2. Pluggability, File SystemdanService Infrastructure

Kelebihan dari NetBeans adalah dapat memungkinkan programmer untuk langsung menginstal modul pada aplikasi yang diinginkan. NetBeans juga memungkin programmer untuk mengurangi ketergantungan pada modul individu dan menyediakan sarana untuk mendaftarkan dan menarik service kembali.

Modul System

NetBeans memungkinkan programmer untuk dapat menggabungkan beberapa modul sederhana menjadi modul yang kompleks. Jika programmer mengganakan modul standar NetBeans, maka programmer dapat menggabungkan modul dari pihak ketiga atau programmer dapat mengembangkannya sendiri.

4. Windows System, Standarized UI Toolkit, dan Advace Data-Oriented Components

NetBeans memberikan kemudahan pada programmer untuk dapat mengembangkan dock dan windows secara maksimal tanpa harus menggunakan coding yang rumit. Swing dan JavaFX merupakan toolkit UI standar Java yang biasa digunakan pada NetBeans.

5. Error Stripe

Sesuai dengan namanya, fungsi error stripe adalah untuk menandai baris yang keliru. Biasanya baris yang eror ditandai dengan warna merah.

6. Bookmarking

Fungsi bookmarking dalam NetBeats adalah untuk menandai baris yang akan dimodifikasi.

7. Smart Code Completion

Fitur ini dapat memudahkan Anda dalam mengusulkan nama suatu tipe variabel, mengusulkan tipe parameter suatu metode dan melengkapi kata kunci (keyword).

Download NetBeans Terbaru

NetBeans merupakan software yang dapat di-reusable (digunakan kembali) untuk pengembangan aplikasi desktop. NetBeans menggunakan bahasa pemrograman Java dan dapat dioperasikan dalam berbagai system operasi. Software ini dioperasikan di atas swing. Swing sendiri merupakan sebuah teknologi dari Java yang dioperasikan diberbagai macam platform desktop, seperti Linux, Windows, Solaris, Mac OS X. Download NetBeans IDE terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend