Download SharpKeys Terbaru

Download SharpKeys 3.9

Download SharpKeys Terbaru Developer: Randy Rants
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 1MB
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars Click to voteLoading...



Keyboard adalah komponen hardware yang sering diabaikan ketika seseorang membeli komputer, padahal sensitivitas dan tata letak tombol pada keyboard sangat menentukan kenyamanan dalam mengetik. Jika anda sering salah pencet tombol, SharpKeys hadir untuk membantu anda.

SharpKeys adalah software gratis dan open source yang berfungsi untuk merubah fungsi setiap tombol pada keyboard, misalnya tombol Shift kanan dirubah menjadi tombol Delete, tombol Pause dirubah menjadi tombol Insert, dan seterusnya.

Tanpa SharpKeys pun sebenarnya fungsi-fungsi pada setiap tombol keyboard dapat diedit melalui Registry, tapi caranya merepotkan. SharpKeys menyediakan Graphical User Interface (GUI) untuk memudahkan pengeditan tersebut.

Fitur dan Kegunaan SharpKeys

Apa Itu SharpKeys

Di antara berbagai tombol pada keyboard, beberapa diantaranya mungkin sangat jarang anda gunakan atau malah tidak pernah sama sekali seperti tombol F7, F8, F9, F10, Shift kanan, Alt kanan, Scroll Lock, dan tombol Pause.

Mungkin ada tombol keyboard yang justru keberadaannya malah mengganggu seperti Caps Lock karena sering terpencet sewaktu anda sedang mengetik. Untuk mengatasinya, SharpKeys menyediakan dua pilihan:

  • Menonaktifkan tombol yang bermasalah atau yang tidak pernah digunakan.
  • Mengubah fungsi tombol menjadi tombol lain yang sering digunakan. Metode ini dikenal dengan nama “keyboard remapping”.

SharpKeys menyajikan daftar yang memuat seluruh tombol keyboard. Melalui daftar tersebut, anda bisa mencari dan memilih tombol keyboard yang ingin dinonaktifkan atau dirubah fungsinya. Setelah selesai memilih, klik tombol “Write to Registry”, lalu logout atau restart komputer anda.

Type Key

Mencari tombol keyboard yang ingin anda edit di dalam daftar SharpKeys akan sulit apabila anda melakukannya dengan cara menelusuri isi daftar satu persatu. Cara yang lebih mudah adalah dengan mengklik tombol “Type Key”, pencet tombol keyboard yang anda inginkan, lalu klik “OK”.

Menyimpan hasil pengeditan

Apa Itu SharpKeys

Barangkali anda ingin menonaktifkan beberapa tombol hanya pada saat mengetik. Setelah selesai mengetik, anda ingin kembali mengaktifkan semua tombol tersebut. Untuk memenuhi keinginan tersebut, anda perlu menyimpan hasil pengeditan SharpKeys menjadi file SKL.

Setiap kali anda hendak mengetik tugas, artikel, atau dokumen lainnya, buka file SKL di dalam SharpKeys, lalu logout dan login. Dengan menyimpan file SKL, anda tidak perlu melakukan pengeditan berulang kali.

Download SharpKeys Terbaru

Untuk memulihkan fungsi semua tombol keyboard kembali ke kondisi semula, klik “Delete All”. Untuk memulihkan fungsi tombol keyboard tertentu, pilih tombol keyboard yang dimaksud, lalu klik “Delete”. Setelah itu, klik “Write to Registry” dan logout untuk mengaplikasikan perubahan.

SharpKeys merupakan software yang dikembangkan dengan memanfaatkan .NET Framework. Sama seperti software berbasis Java yang tidak bisa digunakan tanpa Java Runtime Environment, komputer anda juga harus memiliki .NET Framework untuk bisa menjalankan SharpKeys, dan versi yang diwajibkan adalah .NET Framework 4.0. Download SharpKeys terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend