Download SnapGene Terbaru

Download SnapGene 5.3.1

Download SnapGene Terbaru Developer: SnapGene
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 40MB



SnapGene adalah software untuk membantu anda dalam merencanakan eksperimen-eksperimen di bidang biologi molekuler. SnapGene dapat mendeteksi kesalahan-kesalahan dalam prosedur kloning, mendesain konstruksi DNA secara akurat, menyediakan informasi yang sangat mendetail, dan menampilkan konstruksi DNA dalam skema visual yang mudah dimengerti.

SnapGene juga mendukung format file yang berasal dari software biologi molekuler lain. Diantaranya adalah file-file yang berekstensi .xdna dari Serial Cloner, .gcc dari Gene Construction Kit, serta berbagai file yang dibuat dengan menggunakan DS Gene, Visual Cloning, Clone Manager, Genome Compiler, DNASTAR Lasergene, DNA Strider, CLC Bio, dan masih banyak lagi lainnya.

Kegunaan dan Fitur-Fitur SnapGene

Apa Itu SnapGene?

Supaya lebih mudah untuk memahami apa yang bisa dilakukan oleh SnapGene secara garis besarnya, anggap saja anda hendak bereksperimen untuk mengubah jagung manis menjadi jagung ketan.

Pertama-tama, SnapGene akan menampilkan peta genetik untuk kedua jagung tersebut. Semua informasi yang diperlukan untuk melakukan eksperimen dapat anda lihat di dalam peta. Selanjutnya, SnapGene akan menyimulasikan langkah-langkah pengeditan gen yang anda lakukan dan mendokumentasikan setiap langkah secara mendetail. Hasil dokumentasi inilah yang nantinya bisa dijadikan sebagai panduan untuk melakukan eksperimen yang sesungguhnya di laboratorium.

Split Window

Split Window merupakan mode tampilan yang membagi panel SnapGene menjadi dua bagian secara bertumpuk (vertikal) sehingga anda dapat melihat dua jenis informasi yang berbeda secara bersamaan. Sebagai contoh, panel pertama digunakan untuk menampilkan peta, sedangkan panel kedua dipakai untuk menampilkan sekuens DNA.

Warna latar belakang

Ada sejumlah penelitian yang menunjukkan latar belakang berwarna putih dengan teks hitam merupakan kombinasi yang terbaik, tetapi tidak semua orang betah berlama-lama memandang layar yang didominasi oleh warna putih. Dalam hal ini, warna latar belakang SnapGene bisa diganti dengan warna-warna yang sudah tersedia (orchid, salmon, sunrise, rose, dan sebagainya) atau dengan warna custom yang anda tentukan sendiri melalui opsi “More Colors”.

History

Salah satu keuntungan menggunakan SnapGene adalah fitur history-nya yang sangat bagus. Secara default, informasi di dalam history ditampilkan secara visual dalam bentuk peta yang saling berhubungan, tetapi history juga bisa ditampilkan dalam format teks seandainya anda membutuhkannya.

Download SnapGene Terbaru

Para peneliti biomedis membutuhkan software yang mumpuni untuk membantu mereka dalam memanipulasi sekuens DNA. Meskipun sudah ada beberapa software yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan tersebut sebelum SnapGene muncul, masih banyak kekurangan di sana sini. SnapGene dikembangkan untuk menambal kekurangan-kekurangan tersebut.

SnapGene memiliki banyak opsi yang membuatnya bisa berfungsi seperti yang diharapkan oleh penggunanya, tetapi hanya opsi-opsi yang sangat penting yang diletakkan di bagian depan. Tujuan desain UI yang demikian dimaksudkan agar SnapGene bisa tetap terlihat minimalis dan lebih mudah untuk digunakan. Download SnapGene terbaru dan gratis untuk Windows melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend