Dual-Booting Windows 11 dan Android di Surface Duo Kini Memungkinkan

Dual-Booting Windows 11 dan Android di Surface Duo Kini Memungkinkan

NESABAMEDIA.COMIngatkah anda dengan Surface Duo versi awal? Ya, itu adalah perangkat yang diungkap dan diluncurkan oleh Microsoft pada tahun 2019 silam. Kini, anda bisa melakukan dual-boot Windows dan Android di Surface Duo tersebut. Sebuah postingan di Twitter membagikan hasil upaya seorang pengguna yang mencoba membawa Windows ke Surface Duo

Jika anda memiliki Surface Duo varian 128GB dari generasi pertama, anda bisa mencoba memasang Windows on ARM bersamaan dengan Android original. Namun, sebelum anda memulainya, perlu dicatat bahwa proses pemasangan itu tidaklah mudah, sehingga anda harus bersiap dengan segala kemungkinan dan masalah yang mungkin muncul. 

Pengembang bernama Gustave Monce tersebut menyediakan petunjuk semudah mungkin dengan langkah-langkah mendetail, namun tetap saja anda disarankan untuk melakukan pencadangan data-data penting sebelum melakukannya. Memang proyek menjalankan Windows di Surface Duo sangat menarik, akan tetapi ini adalah proyek yang masih sangat awal, yang artinya banyak hal yang tidak bekerja dengan baik. 

Untuk lebih jelasnya, fitur-fitur semacam sentuhan, jaringan seluler, kamera dan fitur penting lainnya, kemungkinan tidak akan bekerja. 

“Saya telah menyediakan pratinjau awal dari pekerjaan yang telah saya selesaikan pada Surface Duo. Ini masih sangat awal, tidak banyak yang bisa bekerja, namun anda bisa mencobanya jika ingin. Petunjuk, buka tautan https://t.co/mCTcNBVd4J, UEFI ada di https://t.co/BC2T2hXFlh dan Driver bisa diunduh melalui https://t.co/40yyQeS5u3,” jelas Gustave Monce dalam postingan akun Twitternya.

Yang perlu digaris bawahi kembali adalah, anda tidak bisa menggunakan Surface Duo dengan Windows sebagai driver sehari-hari. Jadi pertimbangkan kembali sebelum anda bereksperimen dengan smartphone tersebut. 

Detail penting lainnya adalah, proyek ini hanya kompatibel dengan Surface Duo generasi pertama dengan penyimpanan 128GB, menjalankan Android 10 atau 11. Jika anda ingin mencobanya, anda bisa menemukan petunjuk lengkapnya di halaman Github resminya berikut ini.

Anda juga bisa memasangnya pada varian 256GB, namun yang digunakan dalam percobaan itu adalah varian 128GB, jadi kemungkinan akan ada sedikit hal yang berbeda. Anda tidak bisa menggunakannya pada Surface Duo generasi kedua, karena smartphone itu memang tidak mendukung.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend