DuckDuckGo Hadirkan App Tracking Protections, Cegah Aplikasi Kirim Data Pengguna ke Pihak Ketiga

DuckDuckGo Hadirkan App Tracking Protection, Cegah Aplikasi Kirim Data Pengguna ke Pihak Ketiga

DuckDuckGo mengungkap rencana mereka untuk melindungi pengguna Android dari pelacakan pihak ketiga, yang secara diam-diam mengumpulkan informasi untuk dibagikan ke sejumlah perusahaan seperti Google dan Meta, dengan sebuah fitur yang diatur sedemikian rupa yang merujuk pada pembaruan Transparansi dan Pelacakan Aplikasi yang dirilis Apple bulan Januari silam. Fitur tersebut bernama App Tracking Protection, atau perlindungan pelacakan aplikasi.

 DuckDuckGo mengatakan akan menggunakan sebuah VPN on-device yang secara otomatis akan mendeteksi adanya pelacak pihak ketiga dan mencegahnya berbagi data dengan pihak lainnya. Kata ‘on-device’ memiliki peranan penting, karena meskipun Android mengenali fitur ini sebagai sebuah VPN, tidak ada informasi yang dikirimkan ke server eksternal. 

“Di semua aplikasi yang anda pasang, data personal anda akan dikirimkan ke lusinan perusahaan pihak ketiga, ribuan kali dalam seminggu. Data ini memungkinkan jaringan pelacakan seperti Meta dan Google untuk membuat profil digital yang lebih mendetail tentang anda.

Dengan profil ini, jaringan pelacak bisa memanipulasi apa yang anda lihat di internet, menarget anda dengan iklan berdasarkan perilaku, dan bahkan menjual data anda kembali ke perusahaan lainnya seperti broker data, pengiklan dan pemerintah,” ungkap DuckDuckGo.

Ini adalah masalah yang meluas, di mana DuckDuckGo mengatakan bahwa lebih dari 96% aplikasi Android populer yang diuji, memiliki pelacak pihak ketiga yang tersembunyi, dengan sebanyak 87% di antaranya mengirim data ke Google, dan sebanyak 68% ke Meta. Pelacak juga dapat mengirim informasi ke perusahaan lain, di mana banyak di antaranya bahkan belum pernah didengar oleh kebanyakan orang. 

App Tracking Protection ini akan dipasang di aplikasi Android DuckDuckGo yang ada, yang memungkinkan pengguna untuk melihat informasi apa saja yang diblokir oleh fitur ini, dan yang ada di aplikasi mana, sehingga pengguna bisa memiliki insight lebih dalam mengenai bagaimana pengembang memperlakukan informasi mereka. Pengguna juga menerima notifikasi mengenai apa yang dilakukan App Tracking Protection sesuai keinginan. 

Pihak DuckDuckGo mengatakan saat ini telah merilis App Tracking Protection dalam status private beta, sehingga mereka bisa lebih meningkatkan pengalaman sebelum dirilis ke publik. 

Leave a Reply

Send this to a friend