Mengenal Samsung Free dan Cara Mematikannya

Mengenal Samsung Free dan Cara Mematikannya

Setelah sejumlah perangkat Samsung diperbarui ke One UI 3.0, sejumlah pengguna mulai mendapatkan notifikasi dari sebuah layanan internal yang bernama Samsung Free. Tidak ada peringatan atau opsi pengaturan sebelumnya, setelah pembaruan terbaru dari Samsung tersebut yang memberitahu pengguna apa itu Samsung Free atau dampaknya terhadap pengalaman penggunaan perangkat sehari-hari pengguna. 

Mirip dengan tanggapan para pengguna iPhone di tahun 2014 silam, ketika mereka dipaksa untuk mengunduh album musik dari band U2 ke perangkat ereka, banyak pengguna Samsung yang kecewa dengan keberadaan Samsung Free ini. Namun apa sebenarnya layanan ini, apakah layak tetap berada di perangkat atau lebih baik menghapusnya? 

Samsung Free lebih tepatnya adalah adalah sebuah layanan agregat konten, di mana ini akan mengkompilasi konten-konten dan media yang relevan dari minat pengguna, dalam satu tempat. Seperti namanya, ini adalah layanan yang benar-benar gratis. 

Saat ini, komplain utama pengguna Samsung adalah mereka dipaksa untuk mengunduh dan menggunakannya lewat pembaruan yang tidak dijelaskan atau diinformasikan sebelumnya. 

Ini juga bukan pertama kalinya Samsung melakukan pendistribusian layanan mereka seperti ini. Pada dasarnya, layanan Samsung Free ini adalah pengganti dari Samsung Daily, yang keberadaannya sebelumnya digantikan oleh Bixby Home di tahun 2019 lalu. Samsung menjelaskan bahwa layanan ini memiliki lebih banyak konten dan lebih mudah untuk melakukan navigasi dibandingkan pendahulunya, yakni Samsung Daily. 

Semua perangkat smartphone Samsung yang hadir dengan Android 11 dan One UI 3.0, akan mendapatkan Samsung Free secara pra-install. Jika anda masih belum mendapatkan pembaruan sistem terbaru dari Samsung, maka anda tidak akan menemukan layanan ini.

Namun karena Samsung memiliki kebijakan yang akan memaksa perangkat mengunduh pembaruan dan memasangnya, meskipun pengguna menolak pembaruan ini hingga tiga kali, maka bisa dipastikan bahwa layanan ini sepertinya sudah tersedia di perangkat dengan spesifikasi di atas. 

Apa Saja Isi Samsung Free?

Untuk mengakses Samsung Free, anda tinggal menggeser layar samping kiri. Layanan ini akan otomatis termuat setelah anda melakukan geseran. Ketika termuat, anda akan melihat empat tab yang ada di bagian bawah, yang terdiri dari tab Watch, Listen, Read and Play. Untuk keluar dari layanan ini, yang harus dilakukan hanya menggeser layar dari sisi kanan. 

Tab Watch, akan menawarkan konten dari layanan Samsung TV Plus, yakni layanan streaming TV yang hadir untuk TV pintar dan tersedia sebagai aplikasi gratis di perangkat mobile melalui Google Play. Di dalamnya akan ada saluran populer seperti Hallmark Movies, America’s Test Kitchen dan lainnya. 

Tab Listen, akan berfokus pada konten podcast. Tidak ada konten musik di sini, namun ada banyak sekali jenis konten podcast menarik. Mulai dari NPR, iHeartRadio dan lainnya. Namun kebanyakan konten podcast ini terbatas. 

Pada tab Read, anda bisa melihat konten artikel dan berita dari beragam jenis website. Anda bisa menyortir berita yang ingin anda lihat menurut kategori dan mencari berita tertentu, namun kebanyakan anda hanya tinggal menggulir antar berita, sampai anda menemukan yang anda sukai.

Terakhir adalah tab Play, yang didedikasikan untuk gaming. Apa yang menarik dari tab ini adalah anda tidak perlu memasang tiap aplikasi untuk dimainkan. Ini karena tab tersebut menggunakan Samsung Android Game Launcher, yang kebanyakan sudah terpasang pra-install di perangkat anda. 

Apakah Layak Digunakan?

Apabila anda sudah mendapatkan konten yang anda inginkan di tempat lain, mungkin Samsung Free tidak layak untuk anda pasang. Misalnya, apabila anda sudah memiliki banyak sekali konten menarik dari Netflix, Disney Plus, atau sudah memiliki konten musik dan podcast dari Spotify, maka tidak banyak yang bisa ditawarkan Samsung Free kepada anda. 

Namun setidaknya ini layak dicoba, terutama karena ini adalah layanan gratis, sebelum anda memutuskan untuk menonaktifkannya dari perangkat. Namun apabila anda terganggu dan ingin menghilangkannya dari perangkat, berikut ini caranya. 

Menghapus Samsung Free Dari Perangkat

Karena Samsung Free adalah aplikasi stock, yang terpasang secara pra-install ke sistem perangkat, tidak ada cara yang permanen untuk menghapusnya dari perangkat. Kecuali anda nekat dengan melakukan rooting dengan resiko yang tidak sepadan. Jadi keberadaanya cukup mengganggu bukan? 

Namun setidaknya ada solusi yang lebih baik, dengan menonaktifkan aplikasi ini, sehingga anda tidak akan mendapatkan notifikasi yang mengganggu, atau ketika tidak sengaja menggeser layar dan memunculkan layanan ini. 

  1. Tekan dan tahan bagian kosong dari beranda atau tekan layar dengan dua jari, untuk memunculkan pengaturan halaman beranda perangkat.
  2. Geser ke bagian paling kiri layar, di mana Samsung Free berada, dan anda akan melihat tombol di bagian atas untuk menonaktifkannya. Pilih off, dan selesai.
  3. Ketika dimatikan, anda tidak akan lagi melihat layanan Samsung Free tiba-tiba muncul ketika menggeser bagian paling kiri layar perangkat anda. 

Apabila anda memutuskan untuk mengaktifkannya kembali, gunakan langkah yang sama dan nyalakan tombol on. 

Leave a Reply

Send this to a friend