Dukungan Aplikasi Android Hadir di Kanal Beta Windows 11

Dukungan Aplikasi Android Hadir di Kanal Beta Windows 11

Microsoft baru saja mengumumkan bahwa beberapa aplikasi Android sekarang dapat dijalankan di Windows 11, melalui kanal Beta di program Windows Insider terbaru. Namun, hanya 50 aplikasi Android yang dapat dicoba saat ini, dan aplikasi-aplikasi itu terkait dengan Amazon Appstore. Hal tersebut diungkapkan oleh Aidan Marcuss, wakil presiden perusahaan Windows, dan Giorgio Sardo, manajer umum Microsoft Store.

“Kami telah bermitra dengan Amazon dan pengembang aplikasi populer untuk menyusun 50 aplikasi bagi Windows Insiders untuk diuji dan divalidasi di berbagai perangkat keras. Kami akan merilis aplikasi baru melalui pembaruan program Windows Insider dalam beberapa bulan mendatang.

Aplikasi Android untuk Windows 11 Beta Channel ini mampu berjalan di “perangkat yang memenuhi syarat yang menjalankan platform Intel, AMD, dan Qualcomm,” tetapi hanya untuk pengguna di wilayah Amerika Serikat saat ini, jelas mereka.

Windows Subsystem for Android

Teknologi Windows Subsystem for Android Microsoft adalah komponen Windows 11 yang mendukung aplikasi Android. Subsistem, saat ini pada versi 1.7.32815.0, yang pada dasarnya adalah mesin virtual yang “menyediakan kompatibilitas dengan kerangka kerja AOSP” (Android Open Source Project).

Windows Subsystem for Android menyediakan pemetaan yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi Android di Windows 11, Marcuss dan Sardo menjelaskan:

“Subsistem berjalan di Mesin Virtual Hyper-V, seperti Subsistem Windows untuk Linux. Sistem akan mencoba memahami cara memetakan runtime dan API aplikasi di lingkungan AOSP ke lapisan grafis Windows, buffer memori, mode input, perangkat fisik dan virtual, serta sensor.”

Microsoft juga berencana untuk mendukung aplikasi Android “ARM-only” di Windows 11 melalui kemitraan dengan Intel.

“Kami bermitra dengan Intel untuk memanfaatkan Intel Bridge Technology untuk memungkinkan aplikasi Arm-only berjalan di perangkat AMD dan Intel, yang memungkinkan pelanggan mendapatkan rangkaian aplikasi terluas di perangkat terluas,” Marcuss dan Sardo menambahkan.

Aplikasi Android dari Microsoft Store

Aplikasi Android untuk kanal Beta Windows 11 berasal dari repositori aplikasi Microsoft Store yang baru yang mengalami perubahan, yang dapat menampung toko aplikasi lain, seperti Amazon Appstore.

Hanya dengan mengunduh aplikasi Android dari Microsoft Store akan mengirimkan Windows Subsystem untuk komponen Android jika belum ada di sistem Windows 11. Microsoft Store juga terus memperbarui aplikasi Android yang terpasang.

Belum Ada Perilisan di Kanal Pengembang

Aplikasi Android dapat dijalankan menggunakan “Windows 11 Build 22000.xxx series build”. Untuk saat ini, hanya pengguna di kanal Beta yang memiliki akses ke aplikasi Android.

Program Windows Insider mendistribusikan versi uji coba sistem operasi Microsoft ke dalam apa yang disebut “release channel”. Ada tiga saluran, yaitu Pengembang, Beta dan Pratinjau Rilis. Pakar mengharapkan bahwa pengguna di kanal Pengembang, yang lebih terdepan, akan mendapatkan akses ke aplikasi Android, tetapi itu masih lama.

Microsoft baru-baru ini mengubah kanal Pengembang untuk menghadirkan fitur yang dirilis pada “tahap paling awal dalam siklus pengembangan baru,” yang “tidak selalu merupakan build yang stabil”. Pengguna di kanal Pengembang tidak dapat dengan mudah beralih ke saluran Beta jika mereka berharap untuk mencoba aplikasi Android baru.

Leave a Reply

Send this to a friend