Elon Musk Beli Saham Twitter Sepenuhnya Seharga Rp634 Triliun

Elon Musk Beli Saham Twitter Sepenuhnya Seharga Rp634 Triliun

NESABAMEDIA.COMKemarin, tanggal 25 April 2022, Twitter telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya telah mencapai kesepakatan dengan Elon Musk. Dengan demikian, pria terkaya di dunia itu akhirnya berhasil memiliki Twitter, dengan harga pembelian mencapai lebih dari $44 miliar atau sekitar Rp634 triliun. 

Lebih lanjut, Elon Musk pada dasarnya telah membayar sebesar $54,20 atau sekitar Rp780 ribu  per lembar saham Twitter. Menariknya, kesepakatan itu tidak bergantung pada properti lain yang dimiliki oleh Musk. Setelah kesepakatan ini benar-benar rampung, Twitter akan menjadi perusahaan swasta, dan Musk akan memiliki kendali mutlak atas masa depan jejaring sosial tersebut.

Untuk bisa mengumpulkan dana yang fantastis dalam pembelian Twitter itu, Musk harus menyiapkan dana ekstra dari perusahaannya. Dia mengaku sampai harus melakukan pinjaman yang nilainya mencapai $25,5 miliar dan menggunakan dana sebesar $21 miliar dari modalnya sendiri. 

Kedua belah pihak kemungkinan akan merampungkan kesepakatan tersebut pada akhir tahun ini. Untuk sekarang, dibutuhkan persetujuan dari para pemegang saham dan lembaga pengatur terkait. Jika berbicara soal pemegang saham, perlu dicatat bahwa Musk sudah menjadi pemegang saham terbesar Twitter, dengan kepemilikan saham sebesar 9%. 

Sebagai informasi tambahan, Twitter pertama kali didirikan pada tahun 2006 silam, dan kini telah memiliki pengguna aktif bulanan mencapai 215 juta orang.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, begitu kesepakatan itu disetujui dan disahkan secara resmi, perusahaan tidak akan lagi menawarkan sahamnya di bursa saham. Elon Musk akan memiliki kendali penuh untuk memutuskan masa depan media sosial itu. 

Bulan lalu, Musk sempat mengkritik perilaku jejaring sosial yang tidak benar-benar menyediakan kebebasan berpendapat bagi para penggunanya. Musk sendiri adalah salah satu tokoh yang aktif menyuarakan pendapatnya di Twitter, dan sudah memiliki jumlah pengikut yang fantastis, lebih dari 80 juta pengikut. Diyakini, jumlah pengikutnya akan naik tajam dalam waktu dekat, karena dia menjadi semakin populer. 

Salah satu perubahan yang disorot setelah Elon Musk mengakuisisi Twitter adalah adanya tombol Edit baru. Namun bisa dipastikan akan ada banyak perubahan menarik lainnya yang akan hadir. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend