• Our Partners:

Port USB-C Akan Menjadi Port Wajib di Semua Smartphone Yang Dipasarkan di Eropa Mulai Akhir 2024

Eropa Wajibkan Port USB-C Di Semua Smartphone Mulai 2024

NESABAMEDIA.COMPort USB-C selangkah semakin dekat untuk menjadi standar port pengisian ulang untuk semua jenis smartphone, setelah undang-undang baru yang diusulkan dari lembaga Uni Eropa.

Undang-undang ini telah digodok sejak lebih dari 10 tahun yang lalu, namun sekarang menjadi titik baru yang paling signifikan sejauh ini.

Komite Parlemen Eropa untuk Pasar Internal dan Perlindungan Konsumen mengumumkan bahwa pihaknya telah mencapai kesepakatan untuk memperkenalkan undang-undang soal standar pengisi daya umum, dan aturan ini akan mulai diterapkan pada tahun 2024 mendatang. 

Anggota parlemen tersebut ingin mengurangi jumlah teknologi pengisian daya eksklusif yang digunakan oleh perusahaan elektronik, guna memastikan pelanggan bisa menggunakan satu pengisi daya untuk sejumlah produk yang mereka miliki. Idenya adalah ini akan mengurangi volume limbah elektronik, dan di sisi lain juga akan membuat hidup pelanggan lebih mudah, karena pelanggan bisa hanya dengan memiliki satu pengisi daya untuk banyak produk. 

Perjanjian sementara ini nantinya harus ditandatangani oleh 27 negara Uni Eropa dan Parlemen Eropa, sebelum disahkan menjadi undang-undang resmi. 

Perubahan besar ini nantinya akan berdampak pada Apple, yang menjadi perusahaan yang selama ini tidak menggunakan port USB-C sebagai pengisi daya standar.

Beberapa produk Apple memang menggunakan USB-C, seperti lini iPad, namun untuk produk smartphone mereka, semuanya tetap menggunakan port Lightning. Jika Apple ingin terus menjual perangkat iPhone mereka di Eropa, maka nantinya Apple harus menyertakan teknologi USB-C.

Rumor yang beredar menyebut bahwa Apple siap untuk menerapkan port USB-C untuk seri iPhone terbaru mereka nantinya, walaupun sebelumnya mereka telah beberapa kali mengecam pihak Uni Eropa mengenai kebijakan tersebut. 

Apple mengatakan bahwa mereka percaya undang-undang baru ini bisa menghambat inovasi, dan akan menciptakan lebih banyak limbah elektronik dengan membuat orang menukar aksesori konektor Lightning ke USB-C. Sejumlah sumber menyebut bahwa kemungkinan Apple akan mulai mengganti ke USB-C setelah iPhone 15 di tahun 2023 nanti. 

Parlemen Eropa sebelumnya juga telah menggelar konferensi pers yang secara khusus mengatakan bahwa, “Jika Apple ingin memasarkan produk mereka, menjual produk mereka di pasar internal kami, mereka harus mematuhi aturan kami, dan perangkat iPhone harus menggunakan port USB-C. Ini adalah peraturan yang berlaku untuk semua orang.”

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend