• Our Partners:

Beranda iklan politik di Facebook

Facebook Batasi Iklan Politik Jelang Pemilu AS, Bagaimana Menonaktifkannya?

NESABAMEDIA.COM – Facebook dikabarkan mempertimbangkan larangan iklan politik di platform-nya sebelum pemilihan Amerika Serikat tahun ini. Bloomberg memberitakan pada pagi ini, ide tersebut sedang dibahas secara internal tetapi belum merupakan kebijakan yang tegas. Sumber juga mengkonfirmasi diskusi ke The New York Times. Langkah ini akan secara drastis meningkatkan rencana Facebook untuk mencegah kesalahan informasi atau campur tangan dalam pemilihan umum 2020.

Tidak banyak perincian tentang kebijakan tersebut, tetapi berdasarkan laporan Bloomberg, pemadaman iklan politik Facebook akan berlangsung singkat – hanya beberapa hari sebelum hari pemilihan pada bulan November. Facebook sebelumnya telah mengizinkan pengguna untuk “mematikan” iklan politik dan menambahkan persyaratan pengungkapan, dan Facebook berupaya memberikan informasi yang andal dengan pusat pemungutan suara. Tapi itu berhenti melarang iklan sendiri, berbeda dengan saingannya Twitter, yang mengumumkan larangan iklan politik tahun lalu.

Bloomberg menulis bahwa ada kekhawatiran tentang menghambat upaya “penyampaian pendapat” atau membatasi cara seorang kandidat dapat menanggapi berita terbaru.

Namun, pelarangan juga akan melindungi Facebook dari publisitas buruk dari iklan yang meradang – seperti iklan Trump yang dihapus karena citra Nazi. Bagi kritikus Facebook yang berpendapat bahwa situs tersebut mempromosikan polarisasi dan manipulasi, pemadaman sementara juga dapat dianggap sebagai cara untuk membatasi efeknya menjelang pemilihan.

Cara menonaktifkan iklan politik di Facebook

Pertama, Anda harus menggunakan aplikasi Facebook, karena pengaturannya lebih mudah diakses di sana. Buka menu pengaturan di bawah “Setting and Privacy/Pengaturan dan Privasi” pada menu aplikasi. Setelah itu klik Pengaturan Preferensi Iklan/Ad Preferences Setting.

topik iklan di facebook

Setelah Anda menemukan itu, ketuk pada layar dan gulir sampai Anda menemukan “Topik iklan” yang akan terdaftar di bawah minat Anda. Topik Iklan yang dipermasalahkan adalah koleksi beraneka ragam, dengan alkohol, pengasuhan, dan hewan peliharaan ditempatkan pada tingkat yang sama dengan politik.

pengaturan topik iklan di facebook setting

Pilih elips di sebelah “Masalah Sosial, Pemilihan, atau Politik.” Anda akan melihat opsi untuk “Melihat lebih sedikit iklan tentang topik ini.” Klik pilihan ini. Meskipun mungkin tidak akan sepenuhnya menghilangkan iklan politik dari beranda Anda (Facebook tidak menjaminnya, maka tidak heran mereka menggunakan istilah “lebih sedikit”), akan membantu mengurangi iklan politik yang Anda lihat.

Leave a Reply