• Our Partners:

Integrasi Chat Messenger on Instagram Facebook Platform

Facebook Uji Coba Integrasi Fitur Messenger di Instagram

NESABAMEDIA.COM – Facebook tampaknya mengaktifkan pengintegrasian sistem obrolan Messenger di Instagram. Pada Jumat malam, beberapa pengguna di berbagai negara – di perangkat iOS dan Android – melihat layar pembaruan muncul di aplikasi seluler Instagram dengan pesan “Ada Cara Baru untuk Mengirim Pesan di Instagram” dengan daftar fitur uji coba termasuk “Tampilan baru yang penuh warna untuk obrolan Anda,” lebih banyak reaksi emoji, gesek untuk membalas, dan yang besar: “mengobrol dengan teman yang menggunakan Facebook”.

Setelah Anda menekan pembaruan, ikon DM biasa di kanan atas Instagram diganti dengan logo Facebook Messenger. Obrolan di Instagram memang lebih berwarna dari sebelumnya, dengan pesan pengirim bergeser antara biru dan ungu saat Anda menggulir. Namun, setidaknya untuk saat ini, pengiriman pesan ke pengguna Facebook dari Instagram masih belum dapat dilakukan.

Tetapi Facebook telah memperjelas rencananya untuk menyatukan platform perpesanan dari aplikasi yang sangat populer untuk memungkinkan pengiriman pesan silang antara Messenger, Instagram, dan WhatsApp. Facebook dikatakan sedang membangun kembali infrastruktur yang mendasarinya sehingga pengguna yang hanya menggunakan salah satu aplikasinya dapat terhubung ke orang lain menggunakan aplikasi Facebook yang berbeda. CEO Facebook Mark Zuckerberg juga mengatakan dia ingin sistem terenkripsi ujung ke ujung. Dengan mengintegrasikan aplikasinya yang paling populer, Facebook mungkin dapat bersaing lebih langsung dengan iMessage Apple.

Setahun yang lalu, Facebook mengonfirmasi bahwa pihaknya sedang bekerja untuk memungkinkan pengiriman pesan silang antara Facebook Messenger, Instagram, dan WhatsApp, menurut sebuah laporan di The New York Times (25/1/2019).

Setiap layanan akan terus beroperasi sebagai aplikasi mandiri, tetapi menurut Times, Facebook sedang membangun kembali infrastruktur yang mendasarinya sehingga orang yang mungkin hanya menggunakan salah satu properti Facebook dapat berkomunikasi dengan orang lain dalam ekosistem perusahaan. Semua aplikasi juga akan mendukung enkripsi ujung-ke-ujung. Facebook belum memberikan garis waktu kapan ini akan terjadi.

Facebook mengakuisisi Instagram seharga $1 miliar pada tahun 2012 dan membeli WhatsApp pada tahun 2014 seharga $19 miliar. Dua aplikasi ini memiliki pengguna yang sama banyak dengan produk utamanya.

Leave a Reply

Send this to a friend