FaceTime Akan Tersedia di Android dan Windows, Serta Bawa Sejumlah Fitur Baru

FaceTime Akan Tersedia di Android dan Windows, Serta Bawa Sejumlah Fitur Baru

NESABAMEDIA.COMKetika iOS 15 hadir akhir tahun ini, sistem operasi baru itu akan menghadirkan peningkatan penting ke aplikasi FaceTime. Pihak Apple telah mengumumkan perubahan itu saat event WWDC 2021. Salah satu perubahan utamanya adalah FaceTime nantinya akan bisa digunakan di perangkat Android dan Windows 10.

Seperti yang diketahui, sebelumnya aplikasi FaceTime itu hanya tersedia secara eksklusif untuk perangkat iOS saja. Kini Apple terlihat seperti menjadikan FaceTime layaknya aplikasi panggilan video seperti Zoom. 

Penggunaan FaceTime di perangkat Android dan Windows itu memungkinkan, berkat sebuah tautan berbagi yang baru yang disediakan oleh Apple, sehingga pengguna bisa membaginya dengan teman dan keluarga. 

Fitur yang sama itu juga akan memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan panggilan dengan kontak yang tersimpan melalui pengiriman undangan berisi tautan sebelum melakukan panggilan.

Selain itu ada juga peningkatan lain di FaceTime, yakni sebuah antarmuka grid baru yang dibundel dengan dukungan untuk audio spatial yang menjadikan pengalaman saat berbicara dengan pengguna lain menjadi lebih immersive. Selain itu ada juga fitur yang bernama mode portrait, yang akan menjadikan latar belakang terlihat blur, dan sebuah tombol audio yang muncul untuk memungkinkan pengguna pengguna memilih apakah microphone iPhone bisa merekam suara pengguna saja, atau termasuk suara di sekitarnya.

Apple juga memperluas jangkauan aplikasi FaceTime dengan sebuah fitur baru bernama SharePlay. Seperti namanya, SharePlay akan memungkinkan beberapa pengguna untuk menonton TV atau mendengarkan lagu bersama-sama. Beberapa aplikasi streaming yang rencananya akan mendukung fitur itu adalah Disney Plus, HBO Max dan Twitch. Alaminya, fitur tersebut juga akan mendukung Apple Music dan Apple TV.

Kegiatan menonton atau mendengarkan konten bersama dengan rekan dan keluarga, menjadi cukup populer semenjak wabah pandemi menyerang, dan SharePlay sepertinya berusaha memanfaatkan momentum itu. 

FaceTime tidak hanya menjadi satu-satunya aplikasi utama yang dimiliki iOS yang mendapatkan peningkatan besar-besaran pada iOS 15 yang baru. Apple juga memamerkan versi baru dari aplikasi Messages dan Maps. Namun sayangnya, pihak Apple tidak membagikan kapan tanggal dirilisnya peningkatan itu, namun sepertinya kemungkinan besar akan dilakukan pada akhir tahun ini. 

Leave a Reply

Send this to a friend