• Our Partners:

10 Film India Terbaik Sepanjang Masa

10+ Film India Terbaik Sepanjang Masa (Alur Cerita Menarik)

NESABAMEDIA.COM – Masyarakat Indonesia tentu sudah tak asing dengan film India alias Bollywood. Bahkan di awal tahun 2000 lalu, Indonesia digempur sejumlah judul film India yang membuat banyak orang terhibur.

Ya, industri film India terbilang sangat produktif. Bahkan sampai saat ini, India memegang rekor sebagai produsen film terbanyak dalam satu tahun mengalahkan Hollywood. Wow!

10 Film India Terbaik Sepanjang Masa

Dari sekian banyak judul film India, beberapa di antaranya memiliki rating yang sangat bagus bahkan menembus Hollywood. Lalu, apa saja film India terbaik sepanjang masa? Berikut deretan 10 film India terbaik yang layak dinikmati tahun 2020!

1. Black Friday (2007)

Black Friday (2007)

Black Friday (2007)

Tak seperti film India kebanyakan yang mengangkat kisah drama diselingi oleh tarian dan nyanyian, Black Friday menawarkan cita rasa kisah drama kriminal garis keras. Film ini diadaptasi dari salah satu peristiwa paling mengerikan dalam sejarah kota Mumbai, India yakni peristiwa kerusuhan dan peristiwa bom di tahun 1993 yang menyebabkan 257 kematian.

Film ini kemudian diblokir oleh pihak sensor film India akibat kekhawatiran akan menyulut kerusuhan kembali di India. Setelah melewati berbagai siding guna mendapatkan izin tayang, film yang seharusnya bisa tayang di tahun 2004 baru bisa dirilis resmi di tahun 2007.

Meski menuai kontroversi, Black Friday berhasil memenangkan Grand July Prize dalam Festival film India di Los Angeles dan masuk dalam daftar nominasi di Locarno International Film Festival. Film berdurasi 167 menit ini pun mendapat rating 8.5 dari IMDb.

2. 3 Idiots (2009)

Film India Terbaik

3 Idiots (2009)

3 Idiots, film komedi produksi 2009 ini wajib Anda tonton karena jalan cerita yang dikemas apik serta sedikit plot twist yang membuat penonton akan terkaget tetapi merasa lega. Ya, film ini berkisah tentang persahabatan Farhan Qureshi, Raju Rastogi dan Rancho Shamaldas Chancad ketika menjalani masa kuliah di kampus teknik bergengsi di India.

Kampus tersebut memiliki rektor kejam bernama Profesor Viru ‘Virus’ Sahastrabuddh yang menerapkan pola pengajaran keras hingga ada beberapa kasus bunuh diri selama sistem tersebut berjalan. Rancho pun menentang sistem tersebut tetapi ia justru jatuh cinta dengan putri sang Profesor bernama Pia. Apakah ketiga mahasiswa tersebut bisa lulus dari kampus tersebut?

Film 3 Idiots ini sendiri dibintangi Aamir Khan, Sharman Joshi, R Madhavan, Omi Vaidya, Boman Irani dan Kareena Kapoor. Film dengan rating 8.4 dari IMDb ini pun menjadi salah satu film India yang menuai kesusksesan di seluruh dunia dan meraih pendapatan tertinggi kedua di negaranya.

3. Like Stars on Earth (2007)

Like Stars on Earth (2007)

Like Stars on Earth (2007)

Like Stars on Earth atau judul asli Taare Zameen Par menjadi salah satu film yang wajib ditonton oleh orang tua, guru dan semua orang yang berkecimpung di dunia pendidikan. Film ini berkisah tentang Ishaan yang mengalami disleksia sehingga selalu mendapatkan peringkat terakhir dalam bidang akademis.

Namun Ishaan bukan tanpa bakat, ia pandai menggambar. Sayang, orang tuanya hanya terpaku pada kesuksesan akademis hingga akhirnya kepercayaan diri Ishaan perlahan memudar. Film ini mengangkat pesan sensitif untuk orang tua dan orang dewasa senantiasa introspeksi diri dan melihat kelebihan dan kekurangan anak secara menyeluruh.

Film karya Aamir Khan berhasil menembus Amerika Serikat lewat Walt Disney Pictures setelah dua tahun penayangannya di India. Uniknya, film ini juga menggunakan teknik Clay-Animation.

4. Rang De Basanti (2006)

Film India Terbaru

Rang De Basanti (2006)

Masih film yang dibintangi oleh Aamiir Khan, Rang De Basanti masuk ke dalam daftar film India terbaik sepanjang masa. Film ini berkisah tentang Sue McKinley (Alice Patten), seorang filmmaker tinggal di Amerika yang ingin membuat film berkaitan dengan diary kakeknya, Mr. Mckinley (Steven Mackintosh).

Dalam diary tersebut menceritakan kisah 5 orang aktivis yang menginginkan kemerdekaan India yakni Chandrasekhar Azad, Shivaram Rajguru, Bhagat Singh, Ram Prasad Bismil, dan Ashfaqulla Khan.

Rang De Basanti adalah film drama Bollywood yang diarahkan oleh Rakeysh Omprakash Mehra. Film ini sendiri meraih nominasi Film Berbahasa Asing Terbaik di ajang BAFTA Awards 2006.

5. Swades: We the People (2004)

Swades: We the People (2004)

Swades: We the People (2004)

Swades: We the People disebut-sebut sebagai salah satu film Bollywood terbaik pada dekade tersebut. Disutradarai oleh Ashutosh Gowariker, film ini menceritakan tentang Mohan (Shah Rukh Khan) yang bekerja sebagai global precipitation manager di NASA, Amerika Serikat. Lama tinggal di AS, Mohan mengkhawatirkan Kaveri (Kishori Ballal) seorang pembantu di rumahnya, Uttar Pradesh yang merawatnya sejak kecil.

Mohan pun kembali ke India, berniat mengajak Kaveri tinggal bersamanya di Amerika. Setelah tiba di Charanpur, Mohan bertemu dengan Kaveri dan mengetahui bahwa Gita (Gayatri Joshi) yang merupakan teman kecil Mohan telah membawa Kaveri tinggal bersamanya.

Gita sendiri berjuang mengelola sebuah sekolah di Charanpur guna memperbaiki kondisi kehidupan penduduk desa. Selanjutnya Mohan dan Gita mulai jatuh cinta. Akankah Mohan berhasil membawa Kaveri bersamanya ke Amerika Serikat?

6. Barfi! (2012)

Barfi! (2012)

Barfi! (2012)

Film India populer yang diproduksi oleh UTV Motion Pictures, Barfi! Layak ditonton di akhir pekan ini. Film bergenre komedi romantis ini bercerita tentang tiga orang pemuda (diperankan Ranbir Kapoor, Priyanka Chopra dan Ileana D’Cruz) yang sedang mempelajari cinta.

Dalam film ini, Anda akan melihat totalitas Priyanka Chopra yang totalitas memerankan wanita penyandang autis. Barfi! Pun mendapat banyak nominasi di penghargaan FilmFare Awards.

7. Lagaan: Once Upon a Time in India (2001)

Rekomendasi Film India Terbaru

Lagaan: Once Upon a Time in India (2001)

Film yang dirilis tahun 2002 silam ini menuai berbagai tanggapan positif dari para kritikus film. Meskipun gagal membawa pulang piala Oscar kala itu, film yang diproduseri oleh Aamir Khan ini sangat layak ditonton tahun ini.

Berkisah tentang sekelompok anak di India tahun 1863 yang memperjuangakan tanah mereka dari penjajahan Inggris. Saat itu, Kerajaan Inggris mematok pajak tanah yang amat tinggi sementara kondisi lingkungan saat itu tengah alami kekeringan, sehingga sangat sulit untuk menghasilkan uang.

Seorang perwira Inggris pun menantang anak-anak muda India untuk bertanding kriket. Jika pihak Inggris kalah, maka pajak seluruh wilayah akan dihapuskan. Tantangan tersebut pun diterima. Anak-anak muda India ini berani melawan penjajah dengan bermain kriket.

8. Dil Chahta Hai (2001)

Dil Chahta Hai (2001)

Dil Chahta Hai (2001)

Dil Chahta Hai adalah film drama komedi yang dibintangi Aamir Khan, Saif Ali Khan dan Akshaye Khanna bersama Preity Zinta. Ketiga sahabat Akash, Sameer dan Siddharth yang sekilas sepaham tetapi memiliki selera asmara yang berbeda. Di sini, kita akan diajak menyaksikan bagaimana kehidupan cinta ketiga pemuda ini sekaligus transformasi menjadi pemuda dewasa.

Film ini sendiri banyak dipuji hingga memenangkan National Film Award for Best Feature Film in Hindi tahun 2001. IMDb pun memberi rating 8.1 untuk Dil Chahta Hai.

9. Zindagi Na Milegi Dobara (2011)

Zindagi Na Milegi Dobara (2011)

Zindagi Na Milegi Dobara (2011)

Film India Zindagi Na Milegi Dobara dirilis tahun 2011 dan disutradarai oleh Zoya Akhtar. Film tentang persahabatan yang dibalut kisah cinta ini dibintangi oleh Hirthik Roshan dan Katrina Kaif.

Dikisahkan mereka jatuh cinta saat Hrithik tengah berpetualang ke Spanyol. Namun kisah cinta itu diperkaya dengan persahabatan Hrithik dan dua orang temannya.

10. Paan Singh Tomar (2012)

Paan Singh Tomar (2012)

Paan Singh Tomar (2012)

Terakhir, ada sebuah film biografi berdasarkan pada kisah nyata dari atlet Paan Singh Tomar berjudul Paan Singh Tomar. Paan merupakan seorang prajurit dalam Angkatan Darat India, ia memenangkan sebuah medali emas di Permainan Nasional India. Namun karena beban hidup yang berat, ia terpaksa menjadi bandit.

Film ini sendiri tayang perdana di Festival Film London tahun 2010 dan dirilis domestik tahun 2012. Paan Singh Tomar memenangkan kategori Film Fitur Terbaik dan Aktor Terbaik di Penghargaan Film Nasional ke-60 tahun 2012 silam.

Tak melulu tarian dan nyanyian ala Broadway, banyak film India yang mengangkat kisah dengan jalan cerita menarik. Melihat 10 film India terbaik sepanjang masa di atas, sudahkah Anda menemukan judul film yang ingin Anda tonton?

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend