Universitas Terbaik Di Dunia

10 Universitas Terbaik Di Dunia Saat Ini, Yuk Cek Daftarnya!

NESABAMEDIA.COM – Berkuliah atau meneruskan pendidikan di luar negeri pasti menjadi impian semua orang. Dengan nama besar yang dimiliki, seluruh universitas berani menawarkan kualitas terbaik mereka untuk para generasi muda mengenyam pendidikan.

Berbagai universitas ternama luar negeri seringkali menjadi garda terdepan pelopor suatu penemuan yang mampu mengubah dunia. Belum lagi para lulusannya yang telah banyak malang melintang di dunia profesional. Dan karena inilah nama universitas menjadi sangat tinggi.

10 Universitas Terbaik Di Dunia

Tapi sudahkah kamu tahu 10 universitas terbaik di dunia versi tahun 2020 ini? Maka inilah daftarnya yang pasti membuatmu semangat meraih impian.

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Menurut QS Ranking 2020, Massachusetts Institute of Technology (MIT) berhasil merebut posisi universitas terbaik pertama di dunia. Universitas kebanggaan Amerika Serikat ini membuktikan dirinya memiliki kualitas hebat diperhatikan dari berbagai sisi.

Mulai dari lokasinya di Cambridge yang terbilang strategis. Bersisian dengan sungai Charles dan berdekatan dengan Kendal Square yang dikenal sebagai pusat pertemuan penemuan-penemuan hebat memastikan kawasan ini menunjang fokus belajar dan motivasi besar mahasiswa.

Dari sisi pencapaian riset, penelitian, dan lulusannya, MIT terbukti telah diakui dunia. Ketiganya dapat terlihat dari tingginya standar dalam keenam sekolah yang disediakan.

Dan kamu bisa lihat jejak kesuksesan universitas ini dari astronot legendaris Buzz Aldrin dan Koffi Annan, seorang Sekretaris PBB ke-7.

2. Stanford University

Universitas Terbaik Di Dunia

Tak kalah dari MIT, Stanford University mengambil kawasan yang super strategis. Berada di negara bagian California yang tepat di antara area perkantoran seperti Yahoo, Google, dan perusahaan teknologi kelas dunia lainnya. Posisi ini pasti akan membuat para mahasiswa terus semangat, nih.

Apalagi dengan fasilitas asrama yang disediakan, mahasiswa hanya butuh berjalan kaki untuk pergi ke kampus

Jika fakultas impianmu tidak tersedia di MIT, universitas ini bisa menjadi pilihan karena membuka kesempatan dalam fakultas kedokteran, hukum, sains dan humaniora, teknik, pendidikan, kebumian, dan bisnis.

Mengukuhkan keunggulannya, riset akademik yang dihasilkan mampu menduduki peringkat 4 dunia. Bukti keunggulan ini bisa kamu lihat dari lulusannya seperti Larry Page dan Sergey Brin yang menciptakan Google.

3. Harvard University

Harvard University

Harvard University

Banyak orang pasti bermimpi dapat kesempatan emas menimba ilmu di universitas tertua di Amerika Serikat ini.

Dengan capaian riset akademik di urutan ketujuh terbaik dunia menurut The Times Higher Education World University Rankings 2020, cukup membuktikan universitas ini patut diidamkan.

Untuk 9 macam sekolah dan 1 institut yang dinaungi, Harvard University memilih meletakkan gedung kuliah ke dalam beberapa wilayah. Kampus utama berada tepat di Harvard Yard, sedangkan kampus lainnya berada di area Allston dan Longwood.

Sebagai universitas besar, Harvard mengklaim diri sebagai perguruan tinggi dengan koleksi buku perpustakaan terlengkap di dunia yang meliputi koleksi dari seluruh belahan negara dunia.

Kehebatan Harvard dalam memoles intelektualitas mahasiswanya dapat kamu lihat dari sepak terjang Mark Zuckerberg membangun Facebook dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

4. University of Oxford

Universitas Terbaik Di Dunia Saat Ini

University of Oxford

Memegang predikat universitas tertua di Inggris, University of Oxford tetap menjadi kampus idaman bagi seluruh anak muda dunia, baik yang ingin mengejar gelar sarjana ataupun melanjutkan pendidikan hingga doktoral.

Bukan tanpa alasan, hal ini salah satunya disebabkan karena capaian hasil riset akademik yang berhasil mengambil urutan pertama dunia di tahun 2020.

Seperti sistem universitas di Inggris pada umumnya, universitas ini memiliki 39 college di bawah naungannya yang tersebar di seluruh area kota. Seluruhnya memiliki jurusan dalam bidang ilmu alam, ilmu sosial, hingga kesenian.

Begitu tingginya peminat pendaftar, universitas bergengsi ini tentu menetapkan investasi biaya pendidikan yang tidak sedikit. Terkhusus untuk program pasca-sarjana hingga doktoral, hal ini masih mungkin dengan program beasiswa Rhodes Scholarship dan Clarendon Scholarship yang terbuka untuk seluruh lulusan universitas dunia.

5. California Institute of Technology (Caltech)

California Institute of Technology (Caltech)

California Institute of Technology (Caltech)

Sama-sama berdiri di Amerika Serikat dengan kekhususan di bidang teknik dan teknologi, California Institute of Technology (Caltech) muncul sebagai rival terkuat MIT.

Meski bersaing ketat, Caltech membuktikan kualitasnya dengan memegang operasionalitas laboratorium Jet Propulsion yang sebelumnya di bawah kendali NASA.

Kualitas semakin diperkuat dengan adanya fakultas matematika dan astronomi selain fakultas-fakultas yang menitikberatkan keilmuan pada bidang teknik dan teknologi.

Ketika berhasil menjadi salah satu mahasiswa Caltech, kamu akan menemukan satu kebiasaan unik. Dimana ujian semester dapat dikerjakan bersama. Hal ini diperbolehkan karena tugas yang diberikan terkenal luar biasa sulit.

Berkat tugas-tugas ini, Caltech mampu menghasilkan berbagai alumni hebat yang berhasil meraih penghargaan nobel. Salah satunya adalah Charles Richter seorang pelopor Seismolog yang namanya diabadikan dalam satuan pengukuran gempa saat ini.

6. ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology)

ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology)

ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology)

Meski menempati peringkat ke-6 dunia, namun untuk kategori universitas yang berfokus pada keteknikan dan teknologi, ETH Zurich berada di peringkat kedua dunia.

Dengan peringkat yang bersaing, universitas ini memiliki program kurikulum yang begitu padat jika dibandingkan dengan universitas di Swiss lainnya. Maka tak heran sebelumnya telah melahirkan ahli-ahli terkemuka dunia yang sukses meraih penghargaan nobel, termasuk Albert Einstein.

Untuk memastikan kemampuan mahasiswanya, ETH Zurich memiliki sistem wajib mata kuliah dasar bagi mahasiswa program sarjana yang telah melewati satu tahun masa kuliah. Jika belum memenuhi nilai minimal maka harus mengulang seluruhnya.

Karena di bawah wliayah negara Jerman, bahasa yang digunakan untuk program sarjana pun adalah bahasa Jerman. Sedangkan bahasa pengantar untuk program pascasarjana dan doktoral adalah bahasa Inggris.

7. University of Cambridge

University of Cambridge

University of Cambridge

Dinobatkan sebagai universitas terbaik dalam sepuluh besar dunia, University of Cambridge memiliki 31 college yang siap menerima generasi terbaik dari berbagai belahan dunia.

Dengan terbaginya sistem college ini menjadikan seluruh pusat kegiatan mahasiswa baik dari gedung perkuliahan hingga perpustakaan berada di sepanjang wilayah kota Cambridge.

Berbeda dari universitas-universitas di peringkat sebelumnya, University of Cambridge menawarkan pilihan fakultas yang jauh lebih lengkap merangkum segala bidang keilmuan.

Tak hanya lengkapnya fakultas, perhitungan riset akademik ikut menjadi perhitungan kualitas suatu universitas. Dan tak main-main, universitas ini menempatkan diri di tiga besar dunia tahun 2020.

Diantara para alumni yang mencapai kesuksesan, ada nama Pangeran Charles dan Stephen Hawking sampai Charles Darwin yang telah mengharumkan nama almamater.

8. University College London (UCL)

University College London (UCL)

University College London (UCL)

Universitas ini menjadi salah satu universitas yang mampu memperluas jangkauan hingga ke luar negeri. Ketika gedung pusat berada tepat di kota London, kampus lainnya memilih Qatar sebagai lokasi yang sesuai, tepatnya di Doha.

Demi menjawab kebutuhan, University College London menyiapkan 11 fakultas yang bisa jadi pilihan para calon mahasiswa dengan 100 institusi bersamanya. Meski cukup sedikit membuka pilihan fakultas, namun UCL menunjukkan mutunya dengan bergabung bersama Russel Group, yang dikenal sebagai asosiasi persatuan riset akademik berkelas se-Inggris Raya.

Dan untuk mendukung mahasiswa, terdapat 17 perpustakaan yang dibangun di kawasan kampus utama.

Bagaimana dengan lulusannya? Tercatat tokoh-tokoh dunia telah mengenyam pendidikan di universitas ini, salah satunya Mahatma Gandhi. Dan sosok lainnya adalah sutradara kenamaan Hollywood, Christopher Nolan.

9. Imperial College London

Universitas Terbaik Di Dunia Tahun Ini

Imperial College London

Bagaimana dengan universitas yang satu ini? Terletak di kawasan South Kesington, London, area ini masih ditumbuhi banyak pepohonan hijau yang membuat perjalanan menuju kampus lebih segar.

Selain menyegarkan, lintasan ini dapat dilalui mahasiswa dengan berjalan kaki. Akses ke arah gedung perkuliahan pun lebih mudah dengan fasilitas Tube lines dan bus.

Dan fasilitas tidak berhenti sampai kemudahan akses saja. Imperial College London juga mendukung minat dan bakat mahasiswanya dengan fasilitas gym dan ruangan bermusik.

Lengkap dengan kemudahan fasilitas yang disediakan, nyatanya daya tarik universitas ini tidak terletak di sini. Lingkungan universitas ini tercatat jauh lebih multi-kultural karena menerima mahasiswa luar negeri lebih banyak sejumlah 59% dari pada mahasiswa dalam negeri. Bahkan penerimaan ini terbuka dari 140 negara.

Dan jangan salah peringkat pencapaian riset universitas ini masuk dalam 10 besar dunia, lho!

10. University of Chicago

University of Chicago

University of Chicago

Selain berlokasi di lingkungan Hyde Park Chicago, University of Chicago juga memiliki kampus lain di Hong Kong, Paris, London, Beijing bahkan New Delhi.

Pada masing-masing program memiliki jumlah sekolah yang bervariasi. Untuk program sarjana terdapat 5 macam sekolah, dan sama halnya untuk program pasca sarjana. Sedangkan program keprofesian mengkonsentrasikan bidang kedalam 7 sekolah profesional.

Mendukung kemajuan mahasiswanya, universitas tentu melengkapi diri dengan perpustakaan yang mengkoleksi buku fisik dalam jumlah terbesar di Amerika Serikat. Jumlah perpustakaannya pun kini mencapai 6 gedung yang membagi seluruh sekolah.

Kemajuan ini semakin ditunjukkan ketika universitas ini berhasil mempelopori penemuan reaksi nuklir buatan manusia pertama di dunia.

Apalagi jika bukan didukung dengan riset berkualitas yang sukses menempati urutan ke-9 terbaik dunia di 2020 ini.

Muchammad-Zakaria-Nesabamedia

Founder dan Chief Editor di Nesabamedia.com. Lebih suka nonton film ketimbang menulis, menulis kalau lagi mood aja. Salam kenal ya!

Leave a Reply

Send this to a friend