Fitur Auto Reset Izin Akses Android 11 Juga Hadir di Perangkat Lawas

Fitur Auto Reset Izin Akses Android 11 Juga Hadir di Perangkat Lawas

NESABAMEDIA.COMAndroid 11 memiliki fitur yang bisa mengatur ulang izin akses aplikasi secara otomatis. Secara singkat, fitur itu akan bekerja dengan sistem operasi akan membatasi izin aplikasi untuk mengakses fitur ponsel sensitif seperti penyimpanan atau kamera jika belum dibuka selama beberapa bulan. Fitur auto reset izin akses ini rupanya akan datang ke perangkat yang lebih lama, seperti yang barus aja diumumkan oleh Google

Fitur ini awalnya diluncurkan dengan Android 11 tahun lalu, tetapi segera akan tersedia di semua ponsel yang menjalankan Android 6 dan di atasnya dengan layanan Google Play, yang menurut Google akan mencakup “miliaran” ponsel Android yang dirilis sejak 2015.

Fitur ini dirancang untuk membantu melindungi privasi pengguna dengan mencegah aplikasi lama memiliki akses tanpa batas ke ponsel jika pengguna tidak menggunakannya selama berbulan-bulan. Misalnya ketika pengguna mungkin dengan senang hati memberikan akses aplikasi kamera baru ke penyimpanan saat aplikasi ini sedang populer. Tetapi ada kemungkinan besar pengguna akan lupa setelah cukup lama aplikasi tersebut terpasang dan tidak lagi digunakan. 

Dan pada dasarnya, aplikasi yang tidak pernah lagi dibuka itu, masih memiliki izin akses ke penyimpanan. Dalam beberapa kasus, hal ini bisa menjadi berbahaya dan mengancam keamanan data, privasi, smartphone dan pengguna.

Fitur keamanan Android dirancang untuk masuk dan menyetel ulang izin ini setelah jelas bahwa aplikasi tidak lagi digunakan secara rutin.

Menurut Google, fitur tersebut “akan secara otomatis diaktifkan pada perangkat dengan layanan Google Play yang menjalankan Android 6.0 (API level 23) atau lebih tinggi.” Namun, itu harus diaktifkan secara manual untuk aplikasi yang tidak menargetkan Android 11. Aplikasi mungkin meminta pengguna untuk menonaktifkan fitur privasi ini jika mereka secara teratur diminta untuk bekerja di latar belakang tanpa pengguna membukanya, kata Google.

Menurut Google, fitur tersebut akan mulai diluncurkan pada bulan Desember di perangkat yang menjalankan Android 6 hingga Android 10 dengan Layanan Google Play, sebelum menjangkau semua perangkat tersebut pada kuartal pertama tahun depan.

Leave a Reply

Send this to a friend