Fitur Baru dan Peningkatan di Windows 11 22H2 (Bag. 2)

Fitur Baru dan Peningkatan di Windows 11 22H2 (Bag. 2)

NESABAMEDIA.COMWindows 11 versi 22H2 tengah dipersiapkan untuk proses perilisan. Ada banyak sekali fitur baru dan peningkatan yang akan di bawa. Dan berikut ini lanjutan dari berbagai fitur baru dan peningkatan yang telah nesabamedia.com rangkum sebelumnya di Bagian Pertama.

File Explorer dan Pengelolaan Jendela

Microsoft menjanjikan untuk merilis File Explorer dengan Tab untuk Windows 11, namun fitur ini kemungkinan tidak akan hadir di Windows 11 22H2. Meski demikian, sistem operasi baru ini akan mendapatkan peningkatan dan fitur baru yang menarik untuk File Explorer.

File Explorer kini akan memungkinkan anda untuk menyematkan ke Quick Access tidak hanya folder, tetapi juga file. Walaupun, Microsoft telah mengubah Quick Access menjadi Favorites, untuk membantu pengguna lebih memahami bagaimana cara kerja dari area tersebut. 

Microsoft juga mengembalikan fitur Folder Previews, setelah mematikannya ketika meluncurkan Windows 11 di tahun lalu. File Explorer di Windows 11 22H2 kini akan bisa menampilkan pratinjau di thumbnail folder. 

Dengan Windows 11 22H2, kini akan semakin mudah untuk memeriksa status dan penyimpanan OneDrive. File Explorer mendapatkan sebuah tombol baru yang bisa memicu sebuah flyout dengan detail mengenai OneDrive anda.

Anda bisa melihat berapa banyak sisa penyimpanan yang tersisa, memeriksa status sinkronisasi, membuka OneDrive untuk Web dan mengatur OneDrive. Ini bukanlah perubahan besar, namun menjadikan OneDrive di Windows 11 menjadi lebih nyaman.

Snap Layouts juga hadir untuk memudahkan anda mengatur jendela di desktop menggunakan layar sentuh atau mouse. Ambil sebuah jendela aplikasi, dan seret ke bagian atas layar untuk membuka tata letak yang tersedia dan dengan cepat menyusun jendela aplikasi lainnya. Fitur ini juga bisa dimatikan jika anda kurang menyukainya. 

Perubahan Antarmuka

Microsoft akhirnya menghilangkan slider volume dan kecerahan lama dengan gaya Windows 8. Mereka menghadirkan slider yang lebih rapi, modern dan ringkas yang ditempatkan di atas Taskbar bagian tengah. 

Windows 11 juga memperluas jangkauan fitur Windows Spotlight ke desktop. Kini anda bisa memungkinkan Microsoft untuk mengubah gambar wallpaper anda dengan mengambil gambar dari Bing. Fitur ini juga menyediakan akses yang lebih mudah ke informasi lebih detail mengenai gambar tertentu yang ditampilkan. 

Lock Screen di Windows 11 juga mendapatkan peningkatan dengan adanya pengendali media baru, untuk menyelaraskan dengan desain keseluruhan sistem operasi. Ini adalah perubahan kecil, namun berkontribusi dalam memberikan kesan antarmuka yang lebih konsisten. 

Microsoft membuat beberapa perubahan untuk menjadikan menu konteks di Windows 11 lebih mudah dipahami. Mereka mengubah ikon Rename, Properties dan mengoptimalkannya untuk konsistensi dan penjelajahan yang lebih baik. Efek Mica juga kini tampil di lebih banyak area, utamanya di bilah judul jendela aplikasi. 

Control Panel dan Settings

Windows 11 22H2 meneruskan rencana Microsoft untuk memindahkan Control Panel lama ke aplikasi Windows Settings yang lebih modern. Dalam rilisan tersebut, Microsoft membuat beberapa perubahan untuk mengalihkan sebagian menu ke aplikasi Settings. Di antaranya seperti Program & Features, pengaturan pembaruan Windows, pengaturan jaringan dan perangkat, dan pengaturan berbagi tingkat lanjut.

Task Manager 

Setelah memasang Windows 11 22H2 nantinya, anda akan menemukan bahwa Task Manager akan memiliki desain yang baru, yang mengikuti prinsip desain Windows 11. Anda tetap tidak bisa memunculkan Task Manager dengan mengklik kanan pada Taskbar, namun sebagai gantinya adalah itu sekarang mendukung mode gelap, dan mengikuti tema warna sistem.

Fitur Baru dan Peningkatan Windows 11 22H2 (Bag. 1)
Fitur Baru dan Peningkatan Windows 11 22H2 (Bag.3)

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend