• Our Partners:

Laptop HP Windows 10

Fitur Baru Windows 10, Bikin Baterai Laptop HP Lebih Awet

NESABAMEDIA.COMMicrosoft merilis pembaruan di Windows 10 yang memaksa sistem untuk mengaktifkan fitur Battery Health Manager UEFI di perangkat laptop buatan HP. Adapun fungsi dari fitur tersebut adalah untuk mencegah baterai laptop menjadi mudah menggelembung atau membengkak.

Fitur Battery Health Manager di laptop HP merupakan fitur yang sebenarnya berada di manajemen pengaturan BIOS pada jenis seri laptop HP tertentu. Detailnya, fitur itu akan melakukan modifikasi pada manajemen baterai, fokusnya saat proses charging untuk meningkatkan usia dan daya tahan baterai.

“Fiturnya untuk mengoptimalkan umur baterai dengan meminimalisir eksposur pada baterai tersebut pada faktor-faktor pendukung utamanya, seperti saat proses pengisian ulang daya, yang kerap kali mempercepat penggelembungan baterai setiap waktu,” ungkap pihak HP.

Sebelumnya, pengguna laptop HP memang harus secara manual mengaktifkan fitur Battery Health Manager ini melalui BIOS. Di mana hal ini hanya diketahui oleh pengguna tingkat lanjut. Dengan adanya pembaruan dari Microsoft ini, sistem operasi Windows 10 akan membantu mengaktifkan fitur tersebut secara otomatis dan memudahkan pengguna awam.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka HP telah bekerja sama dengan Microsoft dalam merilis pembaruan dengan seri KB4583263 di Windows 10 tersebut. Sehingga pada halaman pengaturan UEFI BIOS, akan muncul opsi “Let HP Manage My Battery Settings” yang sudah tercentang secara default.

Sementara tim teknisi dari HP juga mengklaim telah meningkatkan fitur Battery Health Manager dengan algoritma baru yang jauh lebih modern. Sehingga kerjasama yang dilakukan dengan pihak Microsoft ini, bisa berjalan secara maksimal. Di mana Microsoft sebagai pembuka jalan dan HP yang akan menangani masalah baterai tersebut.

Pihak dari HP sendiri berharap dengan adanya fitur baru tersebut, masalah penggelembungan baterai yang banyak dialami para penggunanya, bisa teratasi atau setidaknya diminimalisir kasus yang akan terjadi. Pasalnya selama ini baterai pada laptop menjadi salah satu komponen yang paling cepat mengalami kerusakan karena usianya yang lebih cepat habis daripada seharusnya karena cara penggunaan.

Namun meski telah aktif secara default setelah melakukan pembaruan Windows 10, pengguna masih bisa menon-aktifkan fitur itu dengan mengakses halaman UEFI BIOS di laptop HP mereka.

Leave a Reply

Send this to a friend