Fitur Baru Yang Akan Hadir ke Android Tahun 2022

Fitur Baru Yang Akan Hadir ke Android Tahun 2022

NESABAMEDIA.COMGoogle telah mengungkap detail beberapa fitur baru untuk Android tahun ini. Peningkatan itu akan membuat perangkat Android anda lebih mudah untuk berkomunikasi dengan perangkat lain disekitar dan mengintegrasikan lebih dalam sistem operasi tersebut dengan perangkat jam tangan pintar, TV dan bahkan mobil yang anda miliki. 

Android selama ini memang terkesan lebih lambat dan tertinggal dibandingkan iPhone dalam hal integrasi ekosistemnya. Google ingin merubah hal tersebut pada tahun ini, dan akan memperkuat ekosistem sistem operasinya dengan integrasi lebih mendalam di seluruh perangkat dan layanan mereka yang beragam. Untuk mencapai hal ini, perusahaan akan meluncurkan beberapa fitur baru ke Android sepanjang tahun 2022 ini, dan berikut beberapa di antaranya.

Fast Pair Untuk Chromebooks dan TV

Fast Pair yang dikembangkan Google mempermudah anda untuk menghubungkan perangkat berbasis Bluetooth seperti headphone dengan smartphone Android hanya dengan sekali sentuh.

Kini, fitur ini akan diperluas ke perangkat Chromebook dan TV serta perangkat rumah pintar. Nantinya ini akan mempermudah dalam proses penyetelan dan menghilangkan masalah seperti login di akun Android anda di perangkat yang baru. 

Selain ke perangkat di atas, Fast Pair nantinya juga akan hadir di perangkat PC Windows, sehingga anda akan semakin mudah menghubungkan smartphone Android anda dengan laptop atau PC secara cepat. 

Nearby Share Hadir Untuk Windows

Bersamaan dengan Fast Pair, Google juga membawa fitur Nearby Share ke perangkat PC Windows. Ini akan memudahkan untuk melakukan sinkronisasi pesan teks dan berbagi file antara smartphone dengan PC. Seperti yang Google jelaskan, fitur ini akan tersedia secara terbatas di perangkat PC Windows tertentu. 

Selama ini integrasi antara Windows dengan Android sangat buruk, jadi kehadiran fitur ini akan menjadi sebuah peningkatan yang sangat signifikan. 

Buka Kunci Dengan Wear OS

Saat ini sudah memungkinkan untuk membuka kunci Chromebook dengan smartphone Android. Google akan memperluas kemampuan yang sama ini ke perangkat jam tangan pintar berbasis Wear OS.

Akhir tahun, diperkirakan anda sudah bisa membuka kunci smartphone Android atau Chromebook dengan menggunakan jam tangan pintar Wear OS. 

Peningkatan Integrasi Phone Hub

Google juga akan memperluas integrasi layanan mereka lainnya, yakni Phone Hub. Nantinya pengguna tidak hanya akan bisa mengakses semua percakapan atau aplikasi di Chromebook dengan smartphone Android saja.

Phone Hub akan memiliki integrasi dengan Camera Roll, sehingga anda bisa mengakses semua foto-foto dan video dengan sekali klik.

Peralihan Perangkat Otomatis Untuk Headphone

Mirip dengan AirPods, Google juga tengah mengerjakan peralihan perangkat otomatis dan dukungan audio spasial ke Android dan perangkat headphone yang kompatibel. Ini akan memungkinkan headphone anda untuk secara otomatis beralih antara ke smartphone, tablet dan Chromebook, tergantung perangkat mana yang sedang digunakan. 

Dukungan audio spasial juga sedang digarap, yang akan beradaptasi atas output suara berbasis pergerakan kepala. Fitur ini diharapkan akan bisa diluncurkan pada beberapa bulan ke depan. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend