Fitur Pengatur Aplikasi Default di Windows 10

Fitur Baru Yang Mudahkan Pengguna Mengatur Aplikasi Default di Windows 10

NESABAMEDIA.COMMengatur aplikasi default di Windows 10 merupakan sebuah fitur yang penting dalam sebuah sistem operasi. Adanya fitur yang bisa mengatur aplikasi default ini akan sangat memudahkan bagi para pengguna yang tidak begitu suka atau terbiasa dengan aplikasi bundling bawaan saat pertama kali melakukan penginstalan sebuah sistem operasi.

Dengan kata lain, jika ada pengguna yang menginstal browser, pemutar musik atau image editor yang bukan dari bawaan Windows 10 misalnya, maka mengganti aplikasi default itu adalah yang wajib dilakukan.

Microsoft pun memahami, dalam mengatur aplikasi default ini, pengguna berharap bisa melakukannya dalam waktu yang singkat, dengan langkah-langkah yang mudah dipahami. Pada pembaruan Windows 10 terbaru, Microsoft akan merilis sebuah fitur pengatur aplikasi default yang menjawab permasalahan tersebut.

Pembaruan Windows 10 yang masih dalam program Insider yang baru saja dirilis, akan menghadirkan sebuah kolom pencarian. Kolom pencarian ini memungkinkan pengguna secara cepat menemukan ekstensi tertentu yang ingin diatur dengan aplikasi lain. 

Mungkin hal ini bukan sebuah perubahan yang sangat besar pada awalnya, namun dampaknya ternyata akan sangat mempengaruhi kenyamanan pengguna secara keseluruhan, di mana pengguna bisa dengan mudah melakukan pengaturan pada aplikasi. 

Lalu di mana bisa menemukan fitur kolom pencarian tersebut?

Windows 10 -> Settings -> Apps -> Default Apps

Namun pertanyaan yang sebenarnya paling utama adalah, kapankah fitur ini bisa tersedia untuk seluruh pengguna Windows 10 secara publik? Sejauh ini Microsoft masih belum mengumumkan fitur terbaru yang mereka kembangkan ini. Estimasi kapan kehadiran fitur ini juga masih belum diketahui tanggalnya.

Selama ini memang Microsoft tidak pernah memberikan jadwal perilisan untuk fitur-fitur yang ada di Windows 10 yang masih dalam tahap pengembangan. Mereka baru benar-benar mengumumkan fitur yang sudah layak digunakan oleh publik, jika fitur itu juga sudah benar-benar selesai dikembangkan.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, pembaruan besar pada Windows 10 akan dilakukan pada bulan Oktober ini, dengan versi 20H2. Pembaruan ini pun juga lebih ke arah pembaruan berupa service pack daripada sekedar pembaruan fitur. Sehingga fitur pengaturan aplikasi default ini diperkirakan masih akan lama hadirnya.

Leave a Reply

Send this to a friend