Micorosoft Bing Google Mesin Pencari

Microsoft Menang Lelang, Bing Akan Menjadi Alternatif Google di Eropa

NESABAMEDIA.COMMesin pencari besutan Microsoft, Bing, berhasil memenangkan lelang yang digelar oleh Google, sebagai aplikasi mesin pencari alternatif selain Google. Nantinya, Bing akan menjadi mesin pencari alternatif dari Google untuk perangkat berbasis Android. Lelang tersebut sebagai tindak lanjut, dari sidang Antitrust yang digelar di Eropa, yang menyebut Google melakukan monopoli dengan mesin pencarinya di perangkat Android.

Putusan sidang Antitrust itu menuntut Google untuk melonggarkan kebijakan-kebijakan yang memungkinkan aplikasi lain, khususnya mesin pencari, untuk bisa terpasang dan menjadi aplikasi default di perangkat Android. Akhirnya Google pun mengadakan lelang untuk menentukan aplikasi mesin pencari lain yang akan menjadi default bersanding dengan Google.

Dengan hasil sidang tersebut, maka mulai tanggal 1 Oktober ini, Bing akan diutamakan sebagai alternatif aplikasi mesin pencari di perangkat Android yang dijual di negara-negara Eropa seperti, Inggris, Spanyol, Italia, Belanda dan lainnya.

Microsoft Bing dalam lelang tersebut menduduki peringkat pertama sebagai alternatif aplikasi mesin pencari. Ada juga nama info.com yang mendapatkan hak tampil secara eksklusif di layar utama ponsel Android di 31 negara. Kemudian nama PrivacyWall berada di peringkat ke 22 dan GMX di peringkat ke 16.

Sayangnya, nama besar seperti DuckDuckGo justru terperosok dalam posisi lelang, hanya memenangkan posisi di delapan negara saja dan itu pun dengan market share yang sangat kecil.

Bing sendiri selama ini juga bukan merupakan mesin pencari yang populer, meski hampir 60 persen perangkat komputer dunia menggunakan Windows 10. Diketahui pada laporan bulan Agustus kemarin, market share Bing hanya sebesar 3.06 persen. 

Sebaliknya, mesin pencari Google menguasai sebanyak 93.24 persen market share global. Sehingga pihak regulator Eropa merasa perlu mengajukan Antitrust sehingga Google tidak melakukan monopoli pasar di wilayah mereka. 

Microsoft sejauh ini juga tidak tinggal diam untuk meningkatkan market share produk-produk mereka. Memenangkan lelang antitrust itu adalah menjadi bagian dari kampanye promosi produk-produk mereka. Di sisi lain, Microsoft juga sedang fokus dalam pengembangan browser terbaru mereka, Edge untuk bisa bersaing dengan browser lainnya.

Leave a Reply

Send this to a friend