Sistem Operasi Windows 10 Microsoft

Fitur GodMode Masih Bisa Digunakan di Windows 10

NESABAMEDIA.COMHalaman pengaturan (Settings) di Windows 10 memang mengalami peningkatan yang cukup besar, mulai dari penampilan hingga pilihan di dalamnya. Namun tidak dipungkiri juga, jika halaman pengaturan tersebut, minim fitur tingkat lanjut. Yang dimaksud fitur tingkat lanjut dalam pengaturan Windows 10 ini adalah fitur GodMode

GodMode sendiri bukanlah fitur baru di kalangan pengguna tingkat lanjut. Fitur ini telah menemani para penggila Windows sejak era Windows XP. Lalu apa kelebihannya?

Fitur GodMode memberikan pengguna akses ke lebih dari 200 fitur Windows tingkat lanjut, peralatan administrator dan lainnya yang tidak ditemukan di pengaturan pada umumnya. Akses ke halaman administrasi tingkat lanjut ini bisa memungkinkan berkat adanya CLSID, singkatan dari Class ID of a Software Application. Ada beberapa jenis akses cepat ke kategori berbeda yang ada di sistem operasi milik Microsoft ini.

Fitur GodMode Windows 10

Fitur GodMode Windows 10

Sebelumnya, untuk bisa mengakses fitur GodMode ini, pengguna diharuskan membuat sebuah folder baru di Desktop, yang kemudian diberi nama : GodMode. {ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C}. Ketika folder tersebut berhasil dibuat, dan ketika dibuka, pengguna akan ditampilkan sebuah antarmuka sejumlah peralatan administrator yang terhubung dengan sejumlah sistem konfigurasi Windows. 

Sayangnya, mungkin fitur yang dicari dan diinginkan pengguna, butuh waktu untuk bisa ditemukan di antara daftar ratusan pengaturan lainnya. Apalagi, setiap kali memilih salah satu fitur, maka pengguna akan diarahkan ke urutan teratas, sehingga dibutuhkan kegiatan berulang. Oleh karena itu, dalam perkembangannya, Microsoft menambahkan Extended GodMode, untuk mengatasi keluhan tersebut.

Lebih lanjut mengenai fitur tambahan Extended GodMode, adalah tambahan sebuah kolom pencarian dengan bar yang sangat memudahkan pengguna. Sehingga pengguna bisa mencari fitur yang mereka inginkan, tanpa harus melakukan scrolling cukup lama seperti sebelumnya. Bahkan, dalam Extended GodMode, pengguna bisa menyimpan pengaturan yang mereka sering gunakan, untuk memudahkan dalam penggunaan berikutnya. 

Fitur Extended GodMode Windows 10

Fitur Extended GodMode Windows 10

Fitur Extended GodMode ini bisa diunduh melalui halaman berikut 

Jika pada versi-versi Windows sebelumnya, fitur GodMode ini akan mudah ditemukan melalui halaman pengaturan atau Control Panel. Namun dengan adanya perubahan pada halaman Control Panel menjadi Settings, fitur ini pun seperti disembunyikan, meski tidak dihilangkan oleh Microsoft. 

Leave a Reply

Send this to a friend