Fitur Keamanan Saat Menyimpan Kata Sandi Di Browser Edge Diperbarui

Fitur Penyimpanan Kata Sandi Di Browser Edge Diperbarui

NESABAMEDIA.COMSebagai bagian dari peningkatan browser Microsoft Edge di Windows 10, Microsoft kini meluncurkan dukungan untuk fitur keamanan baru di browser tersebut. Fitur itu, yang telah diperkenalkan ke beberapa pengguna, akan memaksa pengguna untuk melakukan otentikasi sebelum mengisi kata sandi secara otomatis. 

Seperti browser kebanyakan, Microsoft Edge juga dilengkapi dengan fitur manajemen kata sandi yang baik, dan memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengisi otomatis kata sandi mereka. Dalam versi build Canary, Microsoft sedang menguji fitur opsional baru yang memerlukan otentikasi dari pengguna sampai berhasil, sebelum sistem di browser mengisi kata sandi pengguna dengan otomatis.

Dengan mengaktifkan fitur baru itu, Microsoft tidak akan secara otomatis mengisi sandi yang disimpan ke browser dan mengharuskan pengguna untuk melakukan otentikasi proses tersebut menggunakan fitur keamanan Windows Hello.

Pengaturan Otentikasi Browser Edge Baru

Pengaturan Otentikasi Browser Edge Baru

Jika pengguna memiliki perangkat yang tidak memiliki dukungan Windows Hello, pengguna masih bisa mengaktifkan fitur di Microsoft Edge itu dengan menuju ke halaman profil di browser dan memilih opsi kata sandi. Di halaman itu, klik tombol “Require Authentication” di bagian bawah “Sign In” untuk menggunakan PIN berbasis Windows Hello.

PIN Windows Hello

PIN Windows Hello

Ketika fiturnya diaktifkan, Microsoft Edge akan memunculkan permintaan mengisi PIN Windows Hello setiap kali sistem akan melakukan pengisian kata sandi secara otomatis untuk menyimpan kata sandi situs mereka. 

Dialog Windows Hello itu akan meminta pengguna untuk memasukkan PIN pada semua kotak kata sandi ketika opsi pertama “Always” dipilih. Jika pengguna memilih opsi yang kedua, pengguna bisa mengisi otomatis kata sandi mereka tanpa otentikasi selama satu menit. Untuk opsi ketiga yang dipilih, otentikasi akan diperlukan sekali setiap sesi. 

Dengan kemampuan ini, Microsoft berharap untuk bisa mencegah akses tidak sah ke kata sandi yang disimpan dan ini akan sangat membantu para pengguna jika mereka tidak bisa menggunakan pengelola kata sandi pihak ketiga. Meskipun mendukung PIN, metode Windows Hello lainnya seperti kredensial biometric tetap menjadi cara yang paling aman untuk mencegah terjadinya akses tidak sah ke kata sandi yang telah disimpan.

Selain fitur keamanan, Microsoft juga dikabarkan tengah mengerjakan pengembangan fitur baru bernama Web Widget, yang bertujuan untuk menghadirkan dukungan pencarian floating dan dashboard berita di Windows 10. 

Leave a Reply

Send this to a friend