Fitur Youtube Check Baru, Pastikan Video Termonetisasi Dengan Penyaringan Lebih Dulu

Fitur Youtube Check Baru, Pastikan Video Termonetisasi Dengan Penyaringan Lebih Dulu

NESABAMEDIA.COMYoutube telah merilis sebuah fitur pengecekan baru ketika pengguna mengunggah video. Nantinya, sistem Youtube akan memindai video yang sedang diunggah pengguna untuk mengetahui adanya potensi pelanggaran hak cipta. Tentunya, fitur baru bernama Check ini akan memudahkan untuk mengetahui masalah hak cipta dalam sebuah video sebelum dipublish ke penonton di Youtube.

Klaim hak cipta di Youtube selama ini mungkin menjadi salah satu hal paling mengganggu, khususnya setelah pengguna selesai mengedit dan mengunggah video. Setelah menunggu cukup lama dalam mengunggah video, ternyata harus mengalami takedown atau terblokir karena mendapat klaim hak cipta. Di sisi lain, penonton juga justru akan melihat sebuah video kosong. 

Beberapa masalah soal hak cipta ini cukup kecil dan membutuhkan sedikit perbaikan saja, namun tidak akan diketahui sebelum video tersebut diunggah dan dipublish. Youtube pun memahami bahwa proses semacam ini seharusnya bisa mendapat penanganan yang lebih baik. 

Menurut sebuah halaman dukungan yang baru dari Google, pengguna yang mengunggah video ke Youtube kini akan bertemu dengan tahap tambahan yang bernama Checks. Dalam tahap ini, sistem di Youtube akan melakukan screening atau pemindaian video yang diunggah untuk menemukan adanya potensi pelanggaran hak cipta yang mungkin bisa terjadi. 

Ini akan menjadikan pengguna bisa melakukan perbaikan lebih dulu pada masalah yang bakal mempengaruhi visibilitas dari video mereka, seperti pemilihan musik. Juga akan membantu untuk menentukan iklan yang akan muncul, yang menjadi hal sangat penting untuk pengguna yang tergabung dalam Program Partner Youtube. Sehingga mereka bisa memastikan videonya bisa dimonetisasi, begitu proses unggahan selesai, ketimbang harus menunggu berapa lama sebelum benar-benar bebas dari pelanggaran hak cipta. 

Sistem tersebut bergantung pada sistem identifikasi pelanggaran hak cipta Youtube, yang secara otomatis akan memindai video untuk adanya sebuah pelanggaran. Jika masalah ditemukan, pengunggah bisa melakukan dispute dan meminta untuk dilakukan peninjauan secara manual. Hal ini akan memungkinkan adanya potensi masalah bisa diatasi sebelum video diterbitkan. 

Namun perlu dicatat jika pelanggaran-pelanggaran yang dilaporkan oleh penonton, mungkin masih akan bisa memberikan dampak setelah video diunggah. 

Sepertinya fitur Check baru di Youtube ini akan dirilis melalui Youtube Studio versi desktop, sehingga pengguna bisa mulai mengunggah untuk monetisasi video mereka dengan segera. Fitur Check Youtube itu sepertinya tidak muncul untuk versi mobile, jadi kemungkinan untuk mereka yang menggunakan smartphone untuk mengunggah video, tidak akan mendapati fitur tersebut.

Tags:

Leave a Reply

Send this to a friend