Floppy Disk Masih Bisa Digunakan Dengan Lancar di Windows 11

Floppy Disk Masih Bisa Digunakan Dengan Lancar di Windows 11

NESABAMEDIA.COMWindows 11 telah hadir sebagai peningkatan utama yang lebih modern, atas versi Windows sebelumnya yang diluncurkan pada bulan Juli tahun 2015 silam, yakni Windows 10.

Dengan kata lain, Windows 11 merupakan versi evolusi dari Windows 10, dan mungkin yang menjadi tanda paling jelas dalam hal ini adalah spesifikasi minimal yang jauh lebih ketat, yang membuat banyak perdebatan akhir-akhir ini. 

Windows 11 tidak bisa terpasang di semua perangkat yang sebelumnya terpasang Windows 10, karena Microsoft meningkatkan persyaratan sistem, yang pada akhirnya membuat beberapa perangkat komputer tidak bisa menjalankan OS baru itu. Ini artinya, anda harus membeli hardware baru untuk bisa menggunakan Windows 11.

Meskipun banyak perubahan besar dengan menawarkan pengalaman yang lebih modern, sepertinya Floppy Disk yang kuno itu masih bisa bekerja dengan baik di Windows 11. Ini menandakan bahwa dukungan untuk perangkat keras jadul itu masih ada. 

Sebuah video yang diposting oleh saluran Youtube milik Jrcraft menunjukkan bahwa Floppy Disk 5,25, mampu dikenali dengan baik oleh Windows 11, dan oleh karena itu pengguna bisa membaca isinya seperti sedang menggunakan Windows XP.

Ini memang bukanlah sebuah kejutan besar, karena dukungan hardware lawas masih akan terus diberikan di Windows modern. Alasannya adalah masalah kompatibilitas. Tentu saja, tidak banyak orang yang masih menggunakan Floppy Disk saat ini, namun jika ada yang masih membutuhkan data yang disimpan di disket itu, mereka masih bisa melakukannya langsung. 

Dari kasus video tersebut, bisa dibilang bahwa Windows 11 tidak sepenuhnya menjadi sistem operasi yang ditujukan secara eksklusif untuk hardware baru, meski hal ini jelas akan memicu kembali perdebatan soal persyaratan sistem. 

Di sisi lain, jika saat ini anda masih memiliki Floppy Disk di sekitar anda, dan komputer anda menjalankan Windows 11, keduanya sepertinya masih akan bisa bekerja dengan baik. Mungkin, jika disket itu menyimpan data atau media anda di masa lampau, yang bisa membangkitkan memori kala itu.

https://www.youtube.com/watch?v=6Md6alAX-a8

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend