10+ Fungsi Pancasila Beserta Penjelasannya Yang Perlu Diketahui

Pancasila adalah dasar negara bagi negara Indonesia. Pancasila berasal dari bahasa sansekerta, yaitu Panca artinya lima, dan Sila artinya asas atau prinsip. Pancasila juga biasa disebut dengan pedoman kehidupan masyarakat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.

Pancasila juga merupakan sebuah pondasi dari negara Indonesia. Seperti sebuah bangunan, jika dasar atau pondasinya tidak kuat maka bangunan yang dibuat tidak akan bisa bertahan lama.

Misalnya saja bangunan tersebut adalah bangsa, maka sebuah bangsa tidak akan bisa berdiri kokoh jika tidak memiliki pondasi atau dasar pokok negara. Maka, pondasi tersebutlah (Pancasila) yang membuat negara Indonesia tetap kokoh dan tahu arah tujuan yang ingin dicapai.

Fungsi Pancasila

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, fungsi pancasila adalah sebagai dasar negara Indonesia. Namun, fungsi pancasila bukan hanya itu saja. Ada beberapa fungsi lainnya dari Pancasila. Berikut ini beberapa fungsi Pancasila yang perlu Anda ketahui, yaitu :

1. Sebagai Dasar Negara

Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Fungsi utama dari Pancasila adalah sebagai dasar negara yang merupakan sumber dari segala sumber hukum yang mengatur NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), termasuk juga unsur – unsur didalamnya seperti wilayah, pemerintah, dan rakyat.

Dasar negara juga merupakan alas yang menjadi titik atau pijakan yang maemberikan kekuatan sebuah negara agar mampu berdiri dengan kokoh. Pancasila memiliki peran yang sangat penting sebagai pijakan dalam pembangunan bangsa Indonesia.

Pancasila memiliki hubungan atau ikatan dengan kekuatan secara hukum, ikatan dengan struktur kekuasaan secara formal, dan juga keadaan dari kebatinan atau cita – cita suatu hukum yang menguasai dasar negara.

2. Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Pancasila juga memiliki fungsi sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia. Nilai – nilai yang terkandung didalam Pancasila dijadikan sebuah pedoman atau acuan hidup bangsa Indonesia untuk mencapai kesejahteraan batin dan lahir dalam masyarakat yang beraneka ragam atau heterogen.

Pancasila juga mampu untuk mengatur cara pandang rakyat dan bangsa Indonesia yang mana dijadikans ebagai petunjuk dalam kehidupan sehari hari. Semua bentuk cita – cita dan moral bangsa serta bentuk budaya Indoensia haruslah berdasarkan dari Pancasila yang merupakan pedoman hidup dari bangsa Indonesia.

3. Sebagai Ideologi Bangsa Indonesia

Sebagai Ideologi Bangsa Indonesia

Pancasila juga memiliki fungsi sebagai ideologi bangsa Indonesia. Pengertian ideologi adalah sebuah konsep, gagasan, dan cita – cita suatu bangsa. Dengan arti lain, Pancasila adalah ideologi negara Indonesia yang pada hakikatnya adalah sebuah hasil pemikiran atau perenungan bangsa Indonesia.

Pancasila mempunyai nilai – nilai dari setiap adat istiadat yang ada didalam pandangan hidup masyarakat Indonesia. Pancasila sebagai ideologi negara adalah suatu hal yang wajib ada dan tertanam didalam jiwa masyarakat Indonesia seluruhnya.

4. Sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia

Pancasila juga memiliki fungsi sebagai kepribadian bangsa Indonesia. Maksudnya adalah Pancasila mempunyai ciri khas dan corak yang diberikan kepada bangsa Indonesia sehingga bangsa Indonesia memiliki perbedaan dengan bangsa lainnya, baik dari segi sikap mental ataupun perilaku yang menjadi sebuah perwujudan dari nilai – nilai Pancasila.

Pacasila juga memiliki fungsi sebagai identitas bangsa Indonesia yang wajib dan harus dibanggakan serta ditanamkan kedalam setiap pribadi masyarakat Indonesia. Maka Pancasila akan tetap kokoh menjadi kepribadian bangsa Indonesia selamanya.

5. Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia

Fungsi Pancasila Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia

Pancasila memiliki fungsi sebagai jiwa bangsa Indonesia. Maksudnya adalah setiap bangsa pasti mempunyai jiwa didalam dirinya masing – masing biasa disebut jiwa rakyat atau jiwa bangsa. Pancasila yang berfungsi sebagai jiwa bangsa lahir secara bersamaan dengan adanya rakyat atau bangsa Indonesia itu sendiri.

Sejak dulu nilai – nilai yang terkandung di dalam Pancasila sudah menjadi acuan bagi jiwa bangsa Indonesia sendiri. Walaupun Pancasila disahkan ketika kemerdekaan, tapi butir – butir yang ada didalam Pancasila sudah tertanam dan sudah dilakukan oleh bangsa Indonesia.

6. Sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum

Pancasila juga memiliki fungsi sebagai sumber daru segala sumber hukum yang ada dan berlaku di Indonesia. Maksudnya adalah semua peraturan perundang – undangan yang ada dan berlaku di Indonesia harus berdasarkan dari Pancasila.

Setiap hukum yang berlaku di Indonesia tidak boleh berseberangan dengan nilai – nilai yang ada didalam Pancasila. Setiap sila yang terdapat didalam Pancasila adalah nilai dasar, dan hukum merupakan nilai penjabaran atau instrumental dari setiap sila Pancasila tersebut.

7. Sebagai Perjanjian Luhur

Sebagai Perjanjian Luhur

Pancasila juga memiliki fungsi sebagai perjanjian luhur dari bangsa Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan hasil sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 tentang perumusan Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia. PPKI adalah Panitian Persiapan Kemerdekaan Indonesia, mereka yang menyiapkan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Bapak – bapak pendiri bangsa telah menetapkan bahwa Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang harus tetap dijaga hingga sekarang. Pancasila yang merupakan warisan dan perjanjian luhur dari para intelektual bangsa harus selalu dijaga dan dipertahankan oleh bangsa Indonesia itu sendiri hingga saat ini.

8. Sebagai Falsafah Hidup Bangsa Indonesia

Pancasila juga  memiliki fungsi sebagai falsafah hidup yang menyatukan bangsa Indonesia. Pancasila merupakan cerminan dari filosofi yang dianut oleh masyarakat Indonesia dalam kelima silanya sehingga cocok untuk diterapkan sebagai ideologi negara.

Isi yang terkandung didalam Pancasila berisi nilai falsafah serta kepribadian bangsa yang sesuai dengan norma – norma bangsa dan diyakini paling adil, bijaksana, benar, dan sesuai untuk menyatukan masyarakat Indonesia.

9. Sebagai Pandangan Hidup

Sebagai Pandangan Hidup

Pancasila juga memiliki fungsi sebagai pandangan hidup. Setiap orang pasti memiliki pandangan hidup. Pandangan hidup memiliki fungsi sebagai pedoman atau acuan untuk mengatur hubungan manusia dengan Tuhan dan lingkungannya yang termasuk didalam fungsi Pancasila dalam kehidupan bernegara dan berbangsa.

10. Sebagai Cita-Cita dan Tujuan Bangsa Indonesia

Pancasila juga memiliki fungsi sebagai cita – cita dan tujuan yang harus digapai dan diwujudkan oleh bangsa Indonesia itu sendiri. Hal tersebut sudah termuat didalam pembukaan UUD 1945.

Oleh karena itu, Pancasila menjadi cita – cita dan tujuan bangsa Indonesia. Cita – cita tersebutlah yang menjadi tujuan bangsa, menghasilkan masyarakat yang makmur serta adil yang seseuai dengan Pancasila.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang fungsi – fungsi Pancasila. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih ūüôā

Leave a Reply

Send this to a friend