Kenali Fungsi Tracert pada CMD dan Cara Kerja Tracert, Sudah Tahu?

Untuk mengirimkan suatu pesan maupun paket dalam jaringan komputer, kita harus memperhatikan rute mana yang ditempuh oleh jaringan komputer tersebut. Tidak hanya itu, untuk mengetahui jalur yang dilewati paket untuk sampai pada tujuan, kita juga harus mengecek delay maupun berapa lama waktu yang akan ditempuh sampai paket itu sampai ke tujuannya.

Itu semua dapat kita ketahui dengan cara tracert. Tracert merupakan suatu perintah yang dapat menunjukkan jalur yang telah dilewati oleh paket tersebut untuk sampai pada tujuannya. Hal tersebut juga dilakukan dengan cara mengirimkan pesan ICMP atau Internet Control Message Protocol dari Echo Request sampai ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin terus meningkat.

Jalur yang akan ditampilkan tersebut merupakan berbentuk daftar dari interface router atau yang ditampilkan yang mana yang paling dekat dengan host. Dimana terdapat pada jalur diantara host dan juga tujuan.

Tracert juga sangat berguna untuk suatu pemecahan beberapa masalah di jaringan pasa skala yang lebih besar. Dimana beberapa dari lintasan tersebut bisa mengarah pada titik yang ama maupun dimana banyak dari router yang terlibat di dalamnya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai fungsi tracert pada CMD.

Fungsi Tracert pada CMD

Apabila Anda ingin mengetahui ataupun ingin melakukan Tracert, Anda dapat melakukannya pada CMD (Command Prompt). Ada perintah yang dikhususkan untuk melakukan Tracert pada CMD. Tidak hanya pada CMD, Perintah tracert dapat dilakukan di beberapa perangkat jaringan seperti pada modem, router, server, wireless AP, Linux dan juga Windows.

Walaupun tool untuk melakukan tracert tersebut tersapat pada setiap perangkat jaringan, tetapi tiap-tiap nama dan juga parameter dari perintahnya memiliki sedikit perbedaan. Maka dari itu, pada artikel kali ini saya akan membahas fungsi maupun perintah tracert yang bisa dilakukan di CMD (Command Prompt).

Tracert ini memiliki sifat seperti menginvestigasi dan juga dapat memeriksa kondisi dari internet ataupun jaringan tersebut berada pada kondisi yang baik atau tidak.

  1. Untuk melakukan tracert, pertama kali Anda harus membuka CMD pada menu start.

Fungsi Tracert pada CMD

2. Setelah itu ketikkan perintah berupa : tracert nesabamedia.com seperti pada gambar dibawah ini.

tracert

Dengan contoh tracert diatas, dapat kita lihat berapa lompatan atau hop router yang dilewati oleh perangkat saya menuju ke alamat nesabamedia.com. Anda dapat mencoba tracert pada link lainnya seperti google.com , google.co.id dan facebook.com .

Hasil dari perintah teacert diatas juga ditampilkan berupa daftar interface router yang dimulai dari sisi yang sangat dekat dari komputer kita dan yang sedang menjalankan perintah tracert sampai pad tujuannya.

Pada satuan ms tersebut menunjukkan lamanya waktu yang tertunda yang sudah ditempuh oleh suatu paket ICMP untuk bisa mencapai tujuannya. Apabila terdapat sebuah tanda bintang, maka itu menandahkan bahwasanya lompatan (hop) maupun interface router yang nantinya dilewati sangatlah sibuk .

Dan akhirnya akan membutuhkan waktu yang sedikit lama bahkan sampai melebihi baras waktu bormal yang akan ditentukan agar paket atau pesan tersebut dapat dilewatkan sudah habis. Simbol tanda bintang tersebut juga dapat diartikan dengan jalus maupun link yang dilewati sangatlah lambat.

Simbol bintang pada suatu hasil dari perintah traceroute juga bisa menandakan bahwasanya router tersebut telah menonaktifkan maupun memblokir suatu pesan ICMP yang nantinya akan dikirim atau melewati interface router itu. Sebab atau alasan dari dibliknya paket tersebut yaitu dikarenakan alasan suatu keamanan.

Cara Kerja Traceroute

Fungsi Tracert pada CMD Lengkap

Cara kerja dari Traceroute adalah dengan mengirimkan suatu pake kepada host tujuan dengan menggunakan TTL yang telah bertambah dengan satu ataupun yang dimulai dari satu. Apabila host tersebut mengirimkan kembali ICMP TIME_EXCEED .

Maka traceroute tersebut nantinya akan memberitahukan kepada pengguna alamat dari seorang pengirim ICMP yang sebelumnya dan juga jeda waktu pada saat mengirimkan paket IP/UDP sampai dengan diterimanya suatu paket ICMP TIME_EXCEED.

Kemudian, setelah itu nantinya traceroute akan mengirim kembali kepada host tujuan dengan suatu TTL += 1 atau TTL saat sekarang lebih besar satu dari yang sebelumnya.

Traceroute nantinya akan melakukan hal tersebut secara terus menerus seperti pada hal diatas sampai dengan diterimanya ICMP PORT_UNREACHABLE dari suatu host tujuan ataupun maksimal lompatan (hop) yang sudah tercapai (default biasanya sebanyak 30).

Dan traceroute akan menggunakan suatu protokol UDP untuk bisa mengetahui bagaimana traceroute tersebut sudah sampai kepada host tujuan dan tidak akan lagi mengirimkan paket.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari melakukan perintah tracert tersebut yaitu :

  1. Anda dapat mengetahui jalur atau rute mana saja yang sudah dilewati untuk sampai ke tempat tujuannya.
  2. Anda dapat mengetahui di bagian mana saja yang sibuk atau macet.
  3. Jaringan yang sibuk atau macet tidak hanya dikarenakan kondisi link maupun jaringan yang kurang baik tetapi juga dapat dikarenakan alasan keamanan.
  4. Anda dapat mengetahui berapa lama waktu yang sudah ditempuh atau delay untuk sampai di tujuan.
  5. Tracert tersebut menggunakan ICMP untuk bisa menentukan suatu jalur maupun rute. Dan yang perlu Anda ingat yaitu pada suatu jaringan memiliki banyak sekali protokol yang akan digunakan. Dan Anda jangan terlalu berpatok kepada satu protokol saja. Usahakan untuk menggunakan protokol lainnya untuk bisa memastikan suatu kondisi jaringan komputer.

Demikianlah pembahasan dari artikel yang membahas mengenai fungsi tracert pada CMD. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda dalam hal tracert dan juga jaringan komputer.

Leave a Reply

Send this to a friend