Sejarah dan Ciri-Ciri Komputer Generasi Keempat yang Perlu Anda Ketahui

Komputer merupakan suatu perangkat yang sering kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Banyak sekali kegunaan dan manfaat yang diberikan oleh komputer. Karena dengan menggunakannya, kita dapat dengan cepat mengerjakan suatu pekerjaan seperti pada pekerjaan sekolah, kantor dan lain sebagainya.

Maka dari itu kehadiran komputer sangat berarti bagi kehidupan manusia dan dapat menunjang aktifitas manusia dikesehariannya. Dan tidak bisa dipungkiri juga bahwa kehidupan manusia pada saat sekarang ini sangat bergantung kepada komputer.

Perangkat digital seperti komputer memiliki sejarah yang sangat panjang. Dan sejarah komputer dikategorikan kedalam jumlah generasi. Jumlah generasi perkembangan komputer itu ialah sebanyak 5 generasi. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai generasi komputer keempat. Berikut penjelasannya.

Komputer Generasi Keempat

komputer

Jika pada generasi sebelumnya komputer memiliki ukuran yang sangat besar, maka pada komputer di generasi keempat ini komputer sudah memiliki bentuk yang lebih kecil.

Apabila dibandingkan dengan komputer generasi pertama, jelas sekali perbedaan antara kedua komputer generasi ini. Karena pada komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum sebagai salah satu komponen utamanya.

Dan setelah diteliti, ternyata tabung vakum ini memiliki kekurangan dari sekala aspek untuk pembuatan komputer. Maka dari itu, para peneliti maupun ilmuwan berlomba-lomba untuk meneliti dalam membuat komputer yang efektif dan juga efisien. Sampai pada komputer generasi keempat, komputer sudah menggunakan teknologi microprocessor. Berikut sejarah komputer pada generasi keempat:

1. Sejarah Komputer Generasi Keempat

komputer

Tahukah kamu bahwasanya sekaran ini kita sudah menggunakan komputer dengan generasi keempat ? Ya, saat sekarang ini kita tengah menggunakan komputer generasi keempat. Dimana pada generasi ini komputer telah dibuat menggunakan komponen utama atau komponen dasar yang memiliki nama Microprocessor.

Microprocessor ini berbentuk seperti Chip, dan chip microprocessor itulah yang mempunyai ratusan bahkan ribuan transistor didalamnya dan bahkan berbagai macam elemen sirkuir lainnya. Yang mana elemen dan transistor tersebut sudah saling terhubung dan telah menjadi satu kesatuan.

Perusahaan yang paling berpengaruh terhadap perkembangan Chip Microprocessor ini yaitu perusahaan Intel. Karena perusahaan Intertelah berhasil dalam menciptakan intel 4004 chip. Yang mana chip tersebut adalah langkah pertama dari perkembangan komputer dari tahun ke tahun.

Intel juga sudah berhasil untuk menggantikan komponen komputer yang pda awalnya mempunyai ukuran yang sangat besar hingga sekarang ukuran komputer menjadi sangat kecil dan penggunaannya pun sudah sangat lebih efektif dan juga efisien. Dan di tahun 1971, perusahaan bernama IBM sudah menciptakan sebuah komputer yang disengaja didesain sedemikian rupa untuk orang di kalangan rumahan secara khusus.

Sedangkan perusahaan Apple telah merilis dan juga mempublikasikan komputer buatannya yang dinamai dengan Macinthos pertama kalinya pada tahun 1984. Macinthos ini juga adalah suatu sistem operasi untuk bisa mengoperasikan dari suatu perangkat komputer.

Tidak hanya itu, perkembangan komputer ini pun akan terus berlanjut sampai dengan ke tahun yang selanjutnya. Yang mana akan lahir suatu ide untuk dapat membuat suatu jaringan komputer, dan kemudian dapat mengarahkan pada telah teciptanya internet yang pada saat ini sudah kita nikmati layanannya.

2. Perkembangan Komputer Generasi Keempat

Perkembangan Komputer Generasi Keempat

Pada komputer di generasi keempat ini banyak sekali terjadinya kemajuan yang begitu cepat, yang mana telah ditemukan dan diciptakan sebuah mouse, diciptakannya Graphical User Interface (GUI) sampai dengan komputer yang dapat kita bawa kemana-mana dengan mudah yang biasa disebut dengan laptop. Pada tahun 1970 juga telah muncul 3 perkembangan yang biasanya selalu dianggap sebuah komputer pada generasi keempat ini.

Yang pertama yaitu, penggunaan LSI (Large Scale Integration) atau yang biasanya disebut juga dengan Bipolar Large Scale Integration. LSI merupakan sekelompok pemadatan dari ribuan IC, dimana dapat dijadikan menjadi satu pada suatu keping IC yang mempunyai sebutan yaitu Chip.

Penyebutan atau istilah chip ini sering digunakan ketika menunjukkan sebuah lempengan yang mempunyai bentuk berupa persegi empat yang dapat memuat serangkaian terpadu pada IC. LSI tersebut kemudian dapat dikembangkan lagi menjadi lebih besar yaitu dengan sebutan VLSI (Very Large Scale Integration). VLSI ini dapat menampung sejumlah IC yang isinya kurang lebih dari puluhan dan bahkan hingga sampai dengan ratusan ribu IC.

Akhirnya telah dikembangkan kembali untuk dapat menjadi sebuah komputer mikro yang mana sudah menggunakan semi konduktor dan juga mikroprocessor yang mempunyai bentuk berupa chip untuk dapat digunakan menjadi sebuah memori komputer internal untuk digunakan sementara. Dan sedangkan yang sudah dipakai di generasi yang sebelumnya tersebut hanya dapat menggunakan magnetic core storage.

Dan di tahun 1972, perusahaan tersebut sudah menciptakan sebuah mikrokomputer senilai 4 bit, yang mana telah menggunakan chip processot yang dinamai dengan 4004 yang mempunyai isi sebanyak 230 transistor dan juga dapat berjalan di 108 KHz, serta dapat melakukan eksekusi dampai dengan 60.000 operasi dalam perdetik-nya.

Lalu tetap lanjut sampai dengan tahun 1972, yang mana perusahaan Intel tersebut sudah merilis 8008 yang dapat memproses 8 bit informasi yang hanya dengan sekali waktu saja. Selanjutnya ini akan dapat dilanjutkan menggunakan mikroprocessor 8080 yang dibuat pada tahun 1974. Mikroprocessor 8080 tersebut mempunyai tujuan yang umum yaitu pertama bisa berhasil untuk dikembangkan.

Jika sebelumnya pada processor 4004 dan 8008 disengajai dirancang untuk kebutuhan dari aplikasi yang khusus saja, dan juga processor 8080 yang memiliki kinerja dan kemampuan yang sangat jauh lebih cepat dan dapat memiliki set intruksi lebih kaya serta bisa untuk lebih pada masalah alamat yang lebih besar. Pada kompute yang terdapat di generasi keempat tersebut memiliki tampilan monitor yang masih menggunakan satu warna yaitu warna hijau.

Komputer yang terdapat di generasi keempat ini adalah Apple II, IBM 370, Visi Calc, Apple I PDP-11 dan komputer yang sudah menggunakan processor intel 8080 yang menggunakan OS control program for microprocessor. Dan komputer tersebut yang menggunakan bahasa pemrograman yaitu Microsoft Basic.

2. Ciri-ciri Komputer Generasi Keempat

komputer

Ciri-ciri dari komputer pada generasi ini yaitu :

  • Bisa menggunakan LSI (Large Scale Integration).
  • Telah dikembangkan menjadi sebuah komputer mikro yang telah menggunakan semikonduktor dan juga mikro processor yang mempunyai bentuk berupa chip untu memori pada komputernya.

Demikianlah artikel yang membahas tentang sejarah komputer generasi keempat beserta dengan ciri-cirinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda dan menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Send this to a friend