Tentang Gebang Logika : Pengertian, Jenis-Jenis dan Tabel Kebenarannya

Mendengar istilah gerbang logika pastinya merujuk ke hal – hal yang berbau teknik atau lebih tepatnya bidang elektronika. Dari sekian banyak komponen yang digunakan dalam pekerjaan logika, komponen yang satu inilah yang paling banyak dibahas.

Bahkan pada sekolah kejuruan lain seperti Listrik atau Informasi juga sedikit menyinggung mengenai gerbang logika ini. Bisa dibilang gerbang logika adalah dasar dari ilmu elektronika dan memang wajib diketahui oleh masyarakat luas, paling tidak di cara kerjanya.

Dalam artikel kali ini penulis akan mengulas lebih jauh mengenai pengertian gerbang logika, jenis – jenis gerbang logika serta tabel kebenaran untuk mempermudah memahami prinsip kerja komponen yang satu ini. Langsung saja ulasan lengkapnya dapat disimak dibawah ini:

Pengertian Gerbang Logika

Gerbang logika atau isitilah bahasa inggrinya adalah Logic Gates merupakan komponen dasar dalam pembentukan system elektronika digital yang berfungsi untuk mengubah satu atau beberapa masukan (input) menjadi sebuah sinyal keluaran (output) dan bersifat Logic. Sesuai dengan namanya komponen ini adalah tempat masuknya dan dikeluarkan menjadi suatu logika.

Pengertian Gerbang Logika adalah

Gerbang logika beroperasi dengan menggunakan bilangan biner dan menggunakan teori Aljabar Boolean. Bilangan biner adalah bilangan yang hanya memiliki 1 dan 0 sebagai kode simbolnya. Penggunaan simbo 1 dan 0 ini juga bisa diartikan logika lain seperti High (tinggi) dan Low (rendah), True (benar) dan False (salah), serta On (hidup) dan Off (mati). Hal ini disesuaikan dengan pengguna gerbang logika tersebut.

Gerbang logika juga banyak diterapkan pada komponen – komponen elektronika seperti Relay, Integrated Circuit (IC), Dioda, Transistor, maupun elemen mekanikal dan masih banyak lagi. Karena fungsinya yang kompleks maka tidak mengherankan jika banyak komponen yang melibatkan gerbang logika dalam cara kerjanya masing – masing.

Jenis – Jenis Gerbang Logika + Tabel Kebenaran

Pada gerbang logika terbagi menjadi 7 jenis dasar dan dibedakan oleh banyaknya masukan (input) serta logika yang dijalankan. Untuk mempermudah kami berikan juga contoh Tabel Kebenaran pada masing – masing jenis.

Tabel  kebenaran atau Truth Table ini merupakan suatu tabel yang memberikan gambaran atau kemungkinan logika yang dikeluarkannya (output) berdasarkan nilai dari masukan (input). Langsung saja penjelasan lengkapnya bisa disimak dibawah ini :

1. Gerbang AND

Yang pertama adalah gerbang AND. Gerbang AND ini memerlukan 2 input atau lebih dan memunculkan 1 output saja. Nilai output 1 akan diperoleh apabila semua inputan bernilai 1 sedangkan nilai output 0 akan diperoleh semua atau salah satu saja nilai input bernilai 0. Untuk melambangkan operasi gerbang AND ini digunakan symbol titik (“.”) atau tidak memakai tanda symbol sama sekali.

gerbang AND

Tabel Kebenaran AND
X Y Z
0 0 0
0 1 0
1 0 0
1 1 1

2. Gerbang OR

Sama halnya dengan AND, gerbang OR juga memerlukan 2 input atau lebih serta hanya menghasilkan 1 keluaran. Pada gerbang OR nilai output akan bernilai 1 apabila salah satu atau semua inputan bernilai 1 dan jika ingin menghasilkan output 0 maka nilai input haruslah bernilai 0 semua. Tanda yang melambangkan operasi gerbang OR adalah plus (“+”).

Pengertian Gerbang Logika dan Jenis-Jenisnya

Tabel Kebenaran OR
X Y Z
0 0 0
0 1 1
1 0 1
1 1 1

3. Gerbang NOT

Berbeda dengan yang lainnya, gerbang NOT hanya memerlukan 1 input dan 1 output. Biasa juga disebut sebagai Inverter (pembalik) dikarenakan nilai output yang dihasilkan adalah kebalikan dari nilai inputannya. Berarti jika anda menginginkan nilai output 1 maka nilai input haruslah 0 sedangkan untuk nilai output 0 maka inputan harus bernilai 1. Gerbang NOT ini disimbolkan dengan tanda operasi minus (“-“).

gerbang NOT

Tabel Kebenaran NOT
X Y
1 0
0 1

4. Gerbang NAND

Gerbang NAND ini merupakan singkatan dari NOT AND, namun pada umumnya memang sering disebut NAND. Hal ini dikarenakan gerbang NAND ini merupakan penggabungan dari gerbang AND dan NOT. Nilai output 1 dapat diperoleh apabila semua atau terdapat inputan 0 sedangkan output 0 dapat diperoleh justru ketika input bernilai 1 semua (kebalikannya gerbang AND).

gerbang NAND

Tabel Kebenaran NAND
X Y Z
0 0 1
0 1 1
1 0 1
1 1 0

5. Gerbang NOR

Sama halnya dengan NAND, gerbang NOR ini juga merupakan gabungan. Bedanya gerbang NOR ini merupakan kombinasi dari NOT dan OR sehingga output yang dihasilkan merupakan kebalikan dari gerbang OR. Pada gerbang NOR nilai output akan menjadi 1 jika nilai input semuanya 0 sedangkan nilai output menjadi 0 jika ada salah satu atau semua nilai output 1.

Pengertian Gerbang Logika dan Simbolnya

Tabel Kebenaran NOR
X Y Z
0 0 1
0 1 0
1 0 0
1 1 0

6. Gerbang X-OR (Exclusive OR)

Gerbang logika X-OR adalah singkatan dari Exclusive OR dan terdiri dari 2 input serta 1 output. Gerbang X-OR akan menghasilkan nilai 1 jika masing – masing masukannya memiliki nilai yang berbeda namun jika nilainya sama maka akan menghasilkan output 0.

gerbang X-OR

Tabel Kebenaran X-OR
X Y Z
0 0 0
0 1 1
1 0 1
1 1 0

7. Gerbang X-NOR (Exlusive NOR)

Terakhir adalah gerbang X-NOR yang merupakan Exclusive NOR dan merupakan kombinasi dari X-OR dan NOT. Gerbang ini merupakan kebalikan dari gerbang X-OR karena adanya NOT disini sehingga nilai output akan bernilai 1 jika input yang menghasilkan nilai yang. Dan ketika inputan menghasilkan nilai berbeda maka akan dihasilkan nilai 0.

gerbang X-NOR

Tabel Kebenaran X-NOR
X Y Z
0 0 1
0 1 0
1 0 0
1 1 1

Itulah penjelasan mengenai pengertian gerbang logika beserta jenis-jenis gerbang logika dan tabel kebenarannya. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami!

Leave a Reply

Send this to a friend