Instagram, Tik Tok dan Xiaomi Tiru Clubhouse

Giliran Instagram, Tik Tok dan Xiaomi Yang Coba Tiru Clubhouse

NESABAMEDIA.COMPopulernya Clubhouse sebagai aplikasi berbasis audio dengan member eksklusifnya, membuat pembuat aplikasi ternama lainnya iri, dan kini berlomba untuk menghadirkan fitur yang sama yang ditawarkan oleh Clubhouse. Setelah sebelumnya Twitter dengan Spaces-nya, kini ada ByteDance yang menjadi pengembang Tik Tok, Instagram hingga Xiaomi yang mencoba menghadirkan aplikasi berbasis audio seperti Clubhouse. 

Menurut sebuah sumber, ByteDance yang terkenal dengan sosial media bernama Tik Tok, tengah mempersiapkan aplikasi kompetitor dari Clubhouse. Salah satu hal yang mendorong pengembang asal Cina itu untuk menghadirkan aplikasi mirip Clubhouse, karena pemerintah Cina sebelumnya telah mengeluarkan aturan untuk memblokir kehadiran Clubhouse di negara mereka. Sehingga banyak perusahaan lokal yang juga berusaha mencoba membuat alternatifnya.

Proyek ByteDance itu dilaporkan masih dalam tahap awal pengembangan, namun jika melihat pengalaman perusahaan dalam menciptakan aplikasi, kemungkinan proyek itu bisa diselesaikan dengan waktu yang singkat. Namun pihak ByteDance sendiri masih belum memberikan konfirmasi resmi terkait rumor tersebut. 

Sedangkan Xiaomi melakukan hal yang lebih aneh. Baru seminggu setelah menutup aplikasi Mi Talk, Xiaomi menghidupkan kembali aplikasi tersebut namun dalam bentuk yang berbeda. Di hari Xiaomi mematikan Mi Talk, sang CEO Lei Jun melakukan diskusi dengan para pengikutnya di jejaring sosial Weibo. 

Dalam diskusi tersebut, Lei Jun menyebutkan bahwa perusahaan tengah berencana meluncurkan aplikasi interaktif baru pada tahun 2021 ini. Kemudian tim Mi Talk mengeluarkan pengumuman yang menarik “Mi Talk, dimulai kembali,” dan kini aplikasi itu diluncurkan kembali dalam format yang baru. 

Layanan tersebut kini menjadi aplikasi voice chat untuk para profesional. Faktanya, aplikasi buatan Xiaomi itu malah menjadi lebih mirip dari aplikasi Clubhouse. Pihak Xiaomi mengungkap bahwa dalam waktu dekat beberapa pengguna yang beruntung bisa mendapatkan undangan untuk menguji coba aplikasi baru itu. Sementara pengguna lain juga masih bisa mendaftar dan menunggu hingga aplikasi tersebut siap untuk dirilis ke publik. 

Raksasa jejaring sosial Facebook, rupanya juga tidak mau ketinggalan untuk menghadirkan kompetitor dari Clubhouse. Nantinya Instagram yang akan mendapatkan pembaruan, berupa konten khusus dalam bentuk audio chat. Fitur tersebut disebutkan Facebook akan menawarkan sebuah konten audio dari para selebritis dan influencer terkemuka. 

Leave a Reply

Send this to a friend