Fitur Spaces di Twitter

Twitter Coba Tiru Clubhouse Dengan Fitur Baru Bernama Spaces

NESABAMEDIA.COMKepopuleran aplikasi berbasis suara Clubhouse yang mengalami peningkatan sangat drastis dan signifikan, membuat raksasa aplikasi lainnya menjadi lebih waspada. Twitter misalnya yang langsung dengan tanggap melakukan peningkatan agar tidak tertinggal dengan rivalnya itu. Kini Twitter dikabarkan tengah mengembangkan sebuah fitur baru bernama Spaces untuk aplikasi Android mereka. 

Fitur Spaces di Twitter saat ini hanya tersedia di iOS versi Beta dengan dukungan host yang memiliki fitur eksklusif seperti cuitan dalam bentuk suara, yang belum hadir di perangkat Android. Namun beberapa pengguna Android yang memasang aplikasi Twitter versi Beta, menemukan beberapa bukti yang mengungkap bahwa fitur Spaces tersebut sedang dikembangkan dan kemungkinan akan segera hadir dalam waktu dekat. 

Karena belum ada informasi resmi dari pihak Twitter, fitur Spaces yang ada di aplikasi Android versi beta itu masih dalam bentuk yang sangat ‘kasar’ dan hampir tidak bisa digunakan. Saat ini fitur Spaces itu bisa dilihat dalam versi pratinjau awal untuk beberapa pengguna Android tertentu yang tergabung dalam program beta. 

Namun setidaknya ada beberapa hal yang bisa diketahui dari fitur tersebut. Misalnya seperti pengguna yang bisa membuat ‘Space’ atau ruang khusus bagi para pengikutnya untuk bergabung dalam sebuah acara percakapan spesial. Meski bisa bergabung dalam percakapan itu, namun hanya host yang bisa memiliki kontrol penuh, seperti mengatur siapa saja yang berhak untuk berbicara. 

“Suara manusia bisa menghadirkan adanya sebuah tingkatan hubungan spesia ke Twitter melalui emosi, suasana hati dan empati yang tidak ditemukan dalam bentuk teks. Kami telah mengetahui ini melalui cuitan suara dan pesan langsung. Terkadang 280 karakter tidak akan cukup untuk menunjukkan emosi dan suara memberikan cara yang baru bagi orang-orang untuk bergabung dalam sebuah percakapan” Kata akun resmi Twitter Spaces baru-baru ini. 

Selain akan merilis fitur Spaces, Twitter juga mengatakan bahwa pihaknya tengah mengembangkan fitur lainnya untuk diuji coba. Seperti fitur reaksi yang mirip dengan gerakan tangan, transkripsi langsung, pelaporan dan pemblokiran serta kemampuan untuk berbagi cuitan di Spaces. 

Twitter juga berencana untuk menambahkan caption otomatis ke dalam format audio dan video di aplikasi mereka pada tahun ini, sebuah fitur yang akan membantu para kaum disabilitas mengakses layanan dengan cara yang lebih baik lagi. 

Leave a Reply

Send this to a friend