Google Dukung Pengembang Ciptakan Multi-Device Apps

NESABAMEDIA.COM – Google telah lama memberikan pengembang mereka untuk menciptakan aplikasi dalam layanan Android, maka dari itu sekarang ada banyak sekali aplikasi yang dapat berjalan pada sistem operasi Android dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Namun, Google akan mengubah SDK mereka agar pengembang memberikan dukungan perluasan sistem operasi dalam pengembangan aplikasi mereka, Senin (29/08).

Google melalui Software Development Kit (SDK) nampaknya akan sedikit memberikan bantuan untuk pengembang, di mana akan memberikan sebuah alat yang dapat digunakan agar aplikasi dapat mendukung terhubung di berbagai perangkat berbeda dalam waktu yang bersamaan.

Namun, sayangnya Google tidak memberikan akses untuk pengembang dalam menjual aplikasi mereka untuk berjalan di sistem operasi selain Android. Tetapi, alat yang diberikan terbilang akan sangat membantu pengembang dalam memberikan akses masuk menggunakan perangkat yang berbeda.

Dengan menggunakan alat yang diberikan oleh Google, maka pengembang dapat mengembangkan aplikasi mereka untuk terhubung ke berbagai perangkat Android. Misalnya dengan terhubung tablet, TV, dan mobil.

SDK yang diberikan oleh Google meliputi tiga aspek utama, Pertama dengan  meluncurkan fitur pencarian atau Nearby Device, Kedua dengan memberikan keamanan antara koneksi perangkat, Ketiga terhubung dengan berbagai macam perangkat.

Nearby Device

SDK Nearby Device dari Google

Menurut Google, proses untuk menyatukan koneksi ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam cara seperti menghubungkan menggunakan WiFi, Bluetooth, dan Ultra-Wideband. Jika telah diluncurkan, maka ini akan memudahkan banyak pengguna untuk terhubung dan menggunakan aplikasi yang sama.

Misalnya, ketika Anda menggunakan aplikasi Grab untuk memesan makanan, maka Anda dapat mengajak pengguna lainnya (yang masih ada di sekitar lokasi) untuk menuliskan pesanan mereka. Namun, Driver tetap akan menerima satu daftar belanjaan yang Anda berikan. Fitur ini akan terkoneksi dengan baik dengan jarak antar perangkat yang berdekatan, sekitar 5-10 KM.

Jika dilihat, ini memang menjadi salah satu ekspansi dari fitur Nearby, yang mana telah cukup banyak ditemukan di beberapa aplikasi perpesanan instan. Namun, nampaknya akan memiliki fitur yang lebih baik untuk dapat terhubung dengan jarak yang jauh.

Bagaimana menurut Anda mengenai fitur baru Google di masa yang akan datang? Bagikan tanggapan Anda di kolom komentar!

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend