• Our Partners:

Google Lens Android 13

Google Lens Hadirkan Shortcut Image Search di Android

NESABAMEDIA.COM – Google kini menambahkan pintasan untuk aplikasi Google Lens, di mana pintasan ini akan memberikan akses lebih cepat untuk melakukan pencarian dalam bentuk visual atau gambar. Pintasan ini mulai tersedia untuk pengguna Android 12L dan Android 13, Sabtu (24/09).

Setelah memberikan perubahan antarmuka untuk aplikasi Google Lens, Google kini memberikan tambahan fitur untuk mereka yang ingin menggunakan pintasan. Pintasan ini sebenarnya berbeda dengan  jenis pintasan lainnya yang biasanya akan muncul pada bagian layar utama ponsel.

Pintasan yang dimaksud oleh Google Lens ialah pencarian gambar, jika cara lama kita harus mengakses laman Google Search Image untuk dapat menemukan gambar berdasarkan visual. Maka Google Lens memberikan akses yang lebih mudah dengan menggunakan kamera dan galeri Anda.

Ketika Anda ingin mencari gambar di Google Search Image, maka Anda hanya perlu mengakses layanan Google Lens. Pada bagian bawah akan ada Icon Globe kecil yang bisa langsung Anda klik, nantinya Google Les akan memberikan akses untuk menangkap gambar langsung atau memilih gambar yang tersimpan di galeri.

Ini merupakan bentuk sederhana dari layanan Google, agar pengguna Google Lens bisa langsung mencari gambar berdasarkan bentuk visual dengan versi mobile. Fitur ini bisa dikatakan lebih baik, fitur pencarian gambarnya juga lebih interaktif dan menarik.

Google-Lens-Image-Search

Google Lens Image Search

Sekilas, fitur ini mirip dengan fitur pencarian gambar di Pinterest. Namun bedanya Google Lens akan terhubung dengan layanan Google Search Image, dan juga kan memberikan informasi gambar dengan visual yang mirip dari beberapa situs web.

Google akan segera memberikan fitur ini untuk pengguna mobile Google Lens, nantinya Google akan memberikan pembaruan terbaru mereka beberapa hari ke depan.

Selain itu, Google Lens juga telah dibekali dengan sejumlah fitur yang memperbaiki tampilan dari UI dan UX. Ada beberapa jenis pencarian gambar yang bisa dikategorikan melalui gambar, video, dan kategori lainnya yang diinginkan pengguna.

Bukan hanya itu, Google Lens juga telah memisahkan fitur untuk Screenshot yang akan terkumpul menjadi satu kategori. Sebelumnya, Google Lens tidak memiliki fitur ini dan semua gambar dan video ditampilan secara acak dan kurang begitu efisien.

Subscribe
Notify of
guest

1 Comment
Inline Feedbacks
View all comments
Hikma

terimakasihh nih informasinya, sangat membantu

Send this to a friend