• Our Partners:

Google Matikan Fitur Data Saver di Chrome Android

Google Matikan Fitur Data Saver di Chrome Android

NESABAMEDIA.COMSegera setelah browser Chrome versi 100 dirilis, Google akan mematikan sebuah fitur di Android yang selama ini dikenal sebagai Lite Mode. Fitur ini merupakan rebranding dari fitur lawas bernama Data Saver, namun fungsinya masih sama, yakni untuk membantu pengguna menjelajahi web dengan menghemat kuota data, dan memuat halaman web lebih cepat dalam prosesnya. 

Pada forum bantuan Google Chrome, Manajer Dukungan Komunitas menunjukkan bahwa perusahaan akan mematikan fitur Data Saver di Android mulai tanggal 29 Maret 2022 mendatang. Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2014, dan kini sudah berusia sekitar sembilan tahun. 

Pada tahun-tahun tersebut, banyak pemilik smartphone yang terikat pada paket kuota data tertentu, dan memiliki resiko terkena biaya tambahan jika mereka melebihi batas kuota yang ada.

Dan di beberapa wilayah seperti di Indonesia, kecepatan internet seluler sangat terbatas, jadi Lite Mode ini membantu halaman termuat dengan lebih cepat dengan mengkompresnya. 

Pada tahun 2015, Google menambahkan opsi untuk memblokir gambar seluruhnya, untuk lebih menghemat penggunaan data internet. 

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Google belakangan kerap mematikan produk dan layanan mereka, sama dengan fitur Data Saver tersebut? Jawaban untuk masalah ini adalah karena dalam beberapa tahun terakhir, ada penurunan harga kuota data di banyak negara, dan Google telah memberikan peningkatan pada Chrome untuk meminimalisir penggunaan data dan meningkatan kecepatan pemuatan halaman, jadi fitur tersebut dianggap tidak lagi memberikan banyak pengaruh kepada pengguna. 

“Pada beberapa tahun terakhir, kami melihat adanya penurunan harga untuk kuota data di berbagai belahan dunia, dan kami telah mengirimkan pembaruan pada browser Google Chrome untuk lebih jauh meminimalkan penggunaan data dan meningkatkan pemuatan halaman website. Meskipun fitur Lite Mode ini tidak lagi ada, kami tetap memiliki komitmen untuk memastikan Chrome bisa memberikan pemuatan halaman web yang cepat, khususnya untuk perangkat seluler,” ungkap Google dalam sebuah halaman bantuan resmi di situs mereka. 

Chrome untuk Android versi M100 akan dirilis pada akhir bulan Maret mendatang, jadi Lite Mode masih akan tetap ada sampai tanggal tersebut tiba. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend