• Our Partners:

Google-Message-Features

Google Message Rilis Fitur React SMS, Jadi Mirip iMessage?

Sehari setelah dirilis, Apple langsung mengambil langkah tegas dengan kredit merek atas fitur baru dari Google Message dengan fitur Reaction SMS. Meskipun begitu, fitur ini resmi dirilis untuk mereka yang menggunakan Google Message, Sabtu (01/10).

Google Message baru saja merilis pembaruan terbaru mereka dengan peningkatan fitur, di mana mereka telah menggunakan fitur Reaction SMS. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk bisa langsung memberikan reaksi pesan di SMS.

Mendengar fitur yang sama, pihak perusahaan Apple Inc langsung mengambil langkah tegas atas permintaan kredit atas nama mereka. Apple mengaku bahwa fitur ini telah lama mereka kembangkan dengan menggunakan RCS, yang mana digunakan juga oleh Google pada sistem Android mereka.

Konteks dari Google Message juga sama seperti iMessage tetapi memiliki keterbatasan atas reaksi emoji yang mereka gunakan. Namun sebagian besar tetap sama, yang mana reaksi emoji ini akan muncul untuk mereka yang menggunakan layanan Google Message.

Lantas, bagaimana untuk mereka yang tidak menggunakan Google Message? Maka dapat dipastikan tidak akan menerima reaksi emoji pada pesan. Namun, Google akan mengubahnya menjadi sebuah teks. Misalnya, ketika pengguna membalas dengan reaksi pesan emoji tersenyum, maka akan diubah dalam bentuk teks ke pesan seperti gambar di bawah ini:

Google-Message-Emoji-Reactions

Kiri: Tampilan ketika mengirimkan reaksi SMS | Kanan: Tampilan oleh mereka yang tidak menggunakan Google Message

Bisa dikatakan tampilan visual ini memang tidak begitu sama dengan layanan iMessage pada iPhone. Di mana hanya memberikan fitur dasar yang intuitif, fitur ini tentu akan membantu pengguna untuk dapat berinteraksi dengan ekspresif melalui SMS.

Banyak pengguna yang mengatakan bahwa fitur ini menarik untuk digunakan, agar pengguna Android yang mungkin berpindah ke iPhone atau sebaliknya tidak perlu membiasakan diri. Karena sebagian besar fiturnya telah ada di dua perangkat dengan sistem operasi berbeda.

Selain itu, fitur ini akan dirilis secara resmi pada awal bulan Oktober ini untuk memberikan keunggulan reaksi SMS dari emoji di Google Message. Tentu, bagi pengguna Google Message ini merupakan salah satu fitur yang banyak dinanti.

Bagaimana menurut Anda? Tahun ini Google memang banyak memberikan perbaikan dari layanan mereka, mulai dari peningkatan performa sampai dengan merombak UI dan UX layana Google Apps.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend