• Our Partners:

Google Messages E2EE

Google Messages Mulai Rilis Dukungan E2EE versi Beta

Google kemarin sempat menghadirkan dukungan untuk enkripsi keamanan tingkat tinggi, di mana memang telah mereka rencanakan sebelumnya. Setelah akhirnya merilis versi pengujian sementara, akhirnya Google Messages mendapatkan dukungan enkripsi E2EE Beta untuk semua pengguna, Minggu (04/12).

Google Message kemarin baru saja mendapatkan dukungan sementara untuk enkripsi keamanan mereka, di mana memang telah direncanakan oleh Google itu sendiri. Google ingin mengembangkan layanan Google Messages untuk semua penggunanya, salah satunya dengan memberikan dukungan fitur mumpuni.

Platform ini merupakan perpesanan instan, yang tugasnya mirip sekali dengan pengiriman pesan berbasis Short Messages Service atau SMS dan MMS. Karena cara kerjanya yang sama, maka Google juga memberikan dukungan RCS (Kemungkinan akan mendukung di iMessage).

Salah satu kekurangan dari fitur ini ialah Group Chat, di mana pengguna hanya bisa mengirimkan pesan ke satu pengguna Google Messages lainnya. Menerima masukkan dari pengguna, Google akhirnya merilis dukungan Group Chat di layanan mereka.

Tetapi, keamanannya harus berbeda dari pengiriman pesan secara pribadi, karena menggunakan enkripsi yang berbeda inilah yang membuat Google akhirnya harus menggunakan dukungan E2EE atau lebih dikenal dengan Encrypted End-to-End. Keamanan ini mampu memberikan tingkat keamanan yang tinggi dalam mengirimkan pesan.

Kemarin, Google sempat menguji coba fitur ini di mana beberapa pengguna Google Messages menemukan adanya fitur E2EE yang belum bisa diaktifkan, karena layanan memberikan informasi bahwa fitur tersebut sedang tidak digunakan, namun sudah ditampilkan.

Nesabamedia juga telah memberikan prediksi mengenai hal ini, bahwa hanya menunggu waktu saja setelah akhirnya Google merilisnya. Hari ini, Google dengan resmi merilis dukungan keamanan E2EE untuk Google Messages meskipun masih dalam versi uji coba atau Beta.

Will be available to some users in the open beta program over the coming weeks.” Kata Google.

Mengenai pernyataan ini, maka hanya pengguna yang bergabung dalam program Beta saja yang akan mendapatkan dukungan pembaruan dan keamanan terbaru dari Google Messages.

Kemungkinan besar versi stabil dari E2EE di Google Messages akan dirilis dalam beberapa minggu ke depan, perkiraan kami Google akan merilisnya pada awal tahun 2023 nanti.

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend