• Our Partners:

Google Messages Uji Coba Enkripsi Terbaru Lebih Awal

Google Messages Uji Coba Enkripsi E2EE Lebih Awal

Google Messages telah menggunakan dukungan RCS untuk menghubungkan semua penggunanya dari seluruh dunia, meskipun begitu pengalaman ini juga belum diselesaikan. Google Messages masih membutuhkan enkripsi tambahan untuk platform mereka, Senin (31/10).

Google nampaknya cukup serius untuk mengembangkan Google Messages, di mana mereka menghadirkan sejumlah fitur seperti di iMessage buatan Apple. Mereka mulai memberikan dukungan RCS, untuk memudahkan pengguna Google Messages diseluruh dunia agar bisa terhubung dengan mudah.

Google juga telah memberikan sistem keamanan yang sangat bagus yaitu enkripsi End-to-End yang mana sama seperti platform WhatsApp, mereka menggunakan enkripsi yang sama dan terbukti mampu mengirimkan pesan dengan aman.

Jenis enkripsi ini menjadi sangat penting untuk digunakan, terlebih untuk mereka yang sensitif akan informasi atau data pribadi. Enkripsi ini juga terbilang menjadi standar keamanan yang efektif dalam mengirimkan pesan, karena hanya bisa dibuka oleh si penerima pesan.

Belum cukup sampai di situ saja, ternyata Google ingin memperluas dukungan fitur dari Google Messages yang mana menghadirkan fitur Group Chat. Tentu, Google harus melalukan uji coba kembali dengan sistem keamanan di Google Messages.

Kenapa berbeda? Karena sistem keamanan yang biasa tidak bisa digunakan dalam fitur ini, End-to-End tidak berlaku bagi pengiriman pesan grup. Maka dari itu, Google harus menggunakan enkripsi lainnya.

Hari ini, Google tengah melakukan uji coba lebih awal di mana perusahaan telah memutuskan untuk menggunakan jenis enkripsi E2EE yang cocok untuk fitur Group Chat dan dukungan RCS. Beberapa pengguna mungkin bisa langsung merasakan percobaan ini.

Jika kita melihat ke belakang, memang Google telah memberikan dukungan enkripsi End-to-End ini untuk mereka pengguna Google Messages sejak 2020. Fitur ini telah dirilis secara global dan kini sudah diperbaiki dan ditingkatkan.

Dengan menambahkan fitur Group Chat di Google Messages maka Google membutuhkan enkripsi lain, yang mana jika masih menggunakan enkripsi lama maka dapat dipastikan hal tersebut akan sia-sia, Google Messages tidak terenkripsi untuk fitur Group Chat.

Pengguna Reddit mulai banyak yang menuliskan ulasan mereka karena mendapatkan dukungan enkripsi lebih awal berkat uji coba, beberapa pengguna Samsung dan Pixel telah mendapatkannya dan hanya perlu menunggu waktu sebelum akhirnya dirilis secara resmi.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend