Google, Oppo, Xiaomi dan Vivo Akan Luncurkan Smartphone Lipat Tahun ini

Google, Oppo, Xiaomi dan Vivo Akan Luncurkan Smartphone Lipat Tahun ini

NESABAMEDIA.COMSmartphone lipat telah mampu mendapatkan pasar tersendiri di industri smartphone. Memang jumlahnya masih kecil dan jauh dari kemungkinan menjadi trendsetter, namun ini bukan berarti bahwa pabrikan smartphone akan berhenti begitu saja untuk mengeluarkan smartphone lipat baru ke depannya. Di kuartal ketiga tahun 2021, Samsung berencana merilis generasi ketiga dari smartphone lipat mereka. Samsung pun tidak sendirian, dan setidaknya ada beberapa pabrikan lain seperti Oppo dan Xiaomi yang akan merilis smartphone lipat baru.

Dilaporkan bahwa Xiaomi, Oppo dan Vivo berencana untuk merilis smartphone lipat di kuartal ketiga tahun ini. Xiaomi sendiri sebelumnya telah memiliki produk smartphone lipat dengan Mi Mix Fold-nya yang dibanderol dengan harga lebih dari Rp20 jutaan. Itu karena smartphone tersebut menggunakan spesifikasi flagship seperti ukuran layar 8.01 inci dengan resolusi 1860 x 2480 piksel, panel OLED yang bisa dilipat, chipset Snapdragon 888, dan memori hingga 16GB. 

Kini, mereka berencana untuk mengeluarkan kembali produk smartphone lipat, namun dengan harga yang lebih murah. Tidak diketahui apa yang akan dilakukan Xiaomi, sehingga harganya bisa menjadi lebih murah, namun rencananya terungkap akan diluncurkan di paruh kedua tahun ini. 

Kemungkinan Xiaomi akan menerapkan beberapa teknologi dan fitur baru di smartphone tersebut, karena sebelumnya mereka juga diberitakan telah mengajukan sejumlah paten terkait produk smartphone mereka.

Tidak diketahui juga seperti apa smartphone lipat yang akan dikeluarkan oleh Oppo dan Vivo. Asumsi yang ada sejauh ini, Oppo akan meluncurkan smartphone dengan layar gulung, ketimbang smartphone lipat. 

Sebelumnya mereka telah memamerkan prototype dari perangkat itu tahun lalu. Namun mungkin Oppo akan lebih memilih menggunakan versi klasik dari smartphone dengan layar fleksibel, karena memproduksi perangkat yang terkenal mahal dengan layar yang bisa digeser itu memiliki kemungkinan gagal yang cukup besar.

Sementara itu untuk Vivo, tidak begitu banyak informasi yang didapatkan mengenai spesifikasi dan detail lain dari smartphone yang akan mereka rilis itu. Hanya sekedar rencana perusahaan yang akan meluncurkan smartphone lipat di kuartal ketiga tahun ini. 

Di sisi lain, Google juga dikabarkan tengah mengerjakan sebuah smartphone lipat baru. 

Leave a Reply

Send this to a friend