Google Perpanjang Dukungan Chrome Untuk Windows 7

Google Perpanjang Dukungan Chrome Untuk Windows 7

Google baru saja mengumumkan bahwa dukungan browser Chrome untuk Windows 7 bakal diperpanjang sampai dengan tanggal 15 Januari 2023, untuk semua pembaruan kritikal dan keamanan.

Perusahaan sebelumnya menyatakan bahwa dukungan untuk Windows 7 harusnya telah berakhir pada tanggal 15 Juli 2021, dan kemudian diperpanjang sampai 15 Januari 2022. 

Browser Google Chrome sendiri saat ini memang menjadi browser paling populer di dunia, jadi menghentikan dukungan untuk Windows 7 justru dianggap bisa menjadi masalah bagi perusahaan dan organisasi yang masih menggunakan sistem operasi jadul itu. Sementara, Microsoft sendiri telah menghentikan dukungan untuk Windows 7 pada Januari tahun 2020 lalu.

Mengapa Diperpanjang?

Google sepertinya memutuskan untuk kembali memperpanjang dukungan Chrome di Windows 7, disebabkan oleh tantangan yang saat ini masih dialami oleh organisasi dan perusahaan yang ada di seluruh dunia.

Di saat perusahaan dan organisasi itu masih menderita karena diterjang wabah pandemi, yang mengharuskan mereka secara cepat mengubah lingkungan dan operasional, banyak di antaranya yang tidak mampu memprioritaskan peningkatan sistem operasi. 

Berdasarkan laporan Google pada kuartal kedua tahun 2020, sebanyak 21% dari semua perusahaan dan organisasi yang menggunakan Chrome di dunia, baru menggunakan Windows 10. Dengan adanya perpanjangan dukungan ini, Google berharap para perusahaan dan organisasi bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di browser tersebut, dengan fleksibilitas yang mereka butuhkan untuk mendukung para karyawan ketika bermigrasi ke sistem operasi baru.

Sepertinya, ini juga sebagai langkah Google agar pengguna mereka tidak beralih ke Microsoft Edge, yang sama-sama berbasis mesin Chromium. Ketika pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015 silam, Edge begitu eksklusif untuk Windows 10, namun kemudian hal tersebut berubah ketika perusahaan meriliskan versi terbarunya. 

Browser Edge yang baru telah tersedia baik untuk Windows 7 dan Windows 8.1, dan tingkat adopsinya cukup tinggi. Sementara itu, Chrome masih menjadi salah satu browser terbaik di luar sana, meski kerap dipertanyakan keandalannya terkait masalah privasi. 

Apa Artinya Untuk Pengguna Enterprise?

Bagi pelanggan enterprise yang masih menggunakan Windows 7, ini adalah sebuah kabar yang melegakan. Microsoft telah menghentikan dukungan untuk Windows 7 pada Januari 2020 lalu, dan Google sebelumnya juga berencana menghentikan dukungan pada Januari 2022. 

Ini artinya, organisasi dan perusahaan yang masih menggunakan Windows 7 tidak perlu khawatir mengenai masalah keamanan atau kerentanan dengan browser mereka. 

Leave a Reply

Send this to a friend