Microsoft Tidak Perpanjang Dukungan ESU Untuk Windows 7

Microsoft Tidak Perpanjang Dukungan ESU Untuk Windows 7

Sistem operasi Microsoft Windows 7 yang populer mencapai akhir siklus dukungannya pada Januari 2020. Microsoft kemudian meluncurkan ESU, yaitu Extended Security Updates atau masa perpanjangan khusus untuk pembaruan keamanan, untuk Windows 7 dan Windows Server 2008 secara bersamaan. Secara resmi, ini hanya tersedia untuk pelanggan bisnis dan perusahaan, ESU sendiri menjamin perpanjangan dukungan hingga tiga tahun.

Januari 2022 menandai akhir tahun kedua ESU untuk Windows 7, dan tahun yang dimulai setelahnya akan menjadi yang terakhir. Microsoft mengumumkan minggu ini bahwa mereka tidak akan memperpanjang program ESU untuk Windows 7 setelah Januari 2023. Organisasi dan bisnis yang masih menggunakan perangkat Windows 7 tidak akan menerima pembaruan lagi untuk sistem operasi setelah Januari 2023.

Untuk Windows 7 SP1 dan Windows 7 Professional untuk Embedded System, Program Extended Security Update (ESU) akan memasuki tahun ketiga dan terakhir dari perpanjangan dukungan yang dimulai pada 8 Februari 2022 dan berakhir pada 10 Januari 2023.

Untuk Server, tampaknya sedikit berbeda. Produk Windows Server 2008 akan menerima perpanjangan setahun, menurut Microsoft.

Untuk Windows Server 2008 R2 SP1, Windows Server 2008 SP2, Windows Server 2008 R2 SP1 untuk Embedded System dan Windows Server 2008 SP2 untuk Embedded System jika berjalan di Microsoft Azure, ESU akan memiliki satu tahun tambahan dukungan diperpanjang yang tersedia mulai 14 Februari 2023, dan itu artinya akan berakhir pada 9 Januari 2024.

Tidak jelas pada titik ini apakah harga berlangganan ESU tahun keempat akan berlipat ganda lagi. Ketika Microsoft meluncurkan ESU, terungkap bahwa harganya akan berlipat ganda setiap tahun. Biaya ESU untuk Windows 7 Professional adalah Rp2,8 jutaan per perangkat pada tahun ketiga, untuk Windows 7 Enterprise Rp1,4 jutaan per perangkat pada tahun ketiga.

Biaya edisi Enterprise untuk ESU juga merupakan biaya yang harus dibayar oleh pelanggan Windows Server untuk memperluas dukungan produk server. Microsoft tidak mengungkapkan apakah mereka berencana untuk menaikkan harga di tahun keempat lagi, dan ini akan mencapai Rp2,8 jutaan untuk tahun keempat jika benar.

Dukungan untuk Windows 7 berakhir pada 10 Januari 2023 dan sepertinya tidak ada opsi untuk memperpanjang dukungan lebih lanjut. Meskipun Microsoft kadang-kadang merilis pembaruan keamanan untuk perangkat yang tidak mendukung di masa lalu, tidak ada jaminan bahwa itu akan dilakukan untuk Windows 7. 

Leave a Reply

Send this to a friend