Google Pixel 5 'Mati' Sebelum Waktunya

Google Pixel 5 ‘Mati’ Sebelum Waktunya

Smartphone flagship Google Pixel 5 telah dihentikan (discontinued) mengikuti jejak Pixel 4, yang juga hampir tidak bertahan setahun dari kemunculan hingga akhirnya harus pensiun dini. Google belum secara langsung membahas alasan penghentian Pixel 5, tetapi tampaknya mereka mengakui situasi ini dalam sebuah pernyataan Agustus lalu, setelah peluncuran Pixel 5a.

Banyak yang memperkirakan Google Store di pasar Amerika Serikat akan menjual Pixel 4a (5G) dan Pixel 5 dalam beberapa minggu mendatang setelah peluncuran Pixel 5a (5G). Produk-produk ini akan terus tersedia melalui beberapa toko mitra selama persediaan masih ada.

Sumber nesabamedia.com memberi tahu bahwa ini terkait dengan kekurangan chip global, khususnya rendahnya ketersediaan prosesor Qualcomm Snapdragon 765G. Persediaan terbatas yang berhasil diamankan Google malah mengarah ke Pixel 5a, yang dengan sendirinya harus diluncurkan secara terbatas di Amerika dan Jepang hanya karena masalah pasokan yang sama.

Kekurangan chip global biang kerok atas kematian Pixel 5

Akibatnya, di sebagian besar negara tempat ponsel Google dijual, satu-satunya pilihan yang tersedia adalah Pixel 6 dan 6 Pro yang baru diluncurkan, ditambah Pixel 4a, yang awalnya memulai debutnya pada musim panas 2020. Pixel 4a menggunakan prosesor Qualcomm yang berbeda yakni, Snapdragon 730G, sehingga terhindar dari masalah kelangkaan pasokan.

Sebagai flagship kelas menengah, Google Pixel 5 menawarkan beberapa peningkatan utama dari Pixel 4a yang begitu memberikan godaan besar untuk pengguna yang enggan membayar Rp8,5 jutaan untuk model dasar Pixel 6. Pixel 5 mengemas ketahanan air IP68, kualitas build superior, refresh rate yang lebih besar 90Hz, pengisian daya nirkabel, konektivitas 5G, dan sistem kamera yang ditingkatkan dibandingkan dengan 4a. 

Pixel 5 dengan harga sekitar Rp7 jutaan masih akan menjadi salah satu handset Android mini yang lebih baik yang tersedia. Meskipun lebih lemah dalam perekaman video, kamera utama Pixel 5 bertahan dengan baik untuk fotografi point-and-shoot. Dan pemilik Pixel 5 menikmati pengalaman perangkat lunak berfitur lengkap di Android 12.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend