Aplikasi Google Podcasts Android

Google Podcasts, Aplikasi Sederhana Minim Fitur Yang Mampu Raih 50 Juta Unduhan

NESABAMEDIA.COMAplikasi Google Podcasts kini telah mencapai unduhan sebanyak 50 juta kali di Play Store. Hal ini cukup membanggakan, pasalnya aplikasi tersebut merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan tersendiri, seperti halnya dengan aplikasi Google Search, yang kemudian menjadi 

Meskipun tidak dipungkiri jika Google Podcasts memang aplikasi yang minim fitur, ataupun bukan merupakan aplikasi podcast terbaik yang bisa digunakan pengguna Android maupun iOS. Bahkan aplikasi ini sebenarnya tidak layak untuk direkomendasikan jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis seperti Pocket Casts. 

Di balik banyaknya kritik yang mengarah pada Google Podcasts, sebenarnya aplikasi ini cukup solid jika hanya sekedar untuk digunakan mendengarkan kanal podcast favorit pengguna. Faktanya ada lebih dari 50 juta orang yang telah memutuskan bahwa aplikasi tersebut layak untuk diunduh, dan hal tentunya bukanlah sebuah hal yang mudah dicapai oleh para pengembang aplikasi manapun, termasuk perusahaan besar sekelas Google. 

Dari segi tampilan antarmuka yang ditawarkan Google Podcasts tidaklah buruk, namun tentu saja pengguna menginginkan fitur yang lebih secara keseluruhan. Bagi pengguna yang ingin mendapatkan sebuah aplikasi podcast yang sederhana tanpa banyak tambahan widget yang mengganggu, Google Podcasts memang layak untuk diunduh. 

Aplikasi ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2018, hal ini berarti membutuhkan setidaknya 2 tahun agar mampu meraih pencapaian sejauh ini. 

Jika melihat kembali bagaimana aplikasi Google Podcasts saat pertama kali dirilis pada 2 tahun yang lalu itu, kondisinya jauh dari kata sempurna atau sudah benar-benar selesai dari tahap pengembangan. Banyak sekali kekurangan di beberapa sisi 

Namun kini, aplikasi tersebut  telah berubah menjadi sebuah aplikasi podcast yang mampu bersaing dengan aplikasi yang telah memiliki nama besar, yang memang dibuat secara khusus untuk mendengarkan podcast. 

Google Podcast telah melakukan banyak hal dengan cukup baik, termasuk kemampuan untuk bisa terintegrasi dengan semua jenis perangkat smartphone maupun perangkat desktop. Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan layanan Google Assistant untuk memutar acara favorit, dengan melanjutkan acara yang terakhir didengar. 

Jadi, jika tertarik untuk mencoba sebuah aplikasi podcast yang sederhana namun cukup solid, bisa mengunduhnya di Play Store.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend