• Our Partners:

Material You ChromeOS

Google Resmi Rilis Material You untuk ChromeOS

Google kini telah resmi merilis pembaruan terbaru mereka untuk pengguan ChromeOS, di mana fitur Material You kini dihadirkan seperti Dynamic Colors, Quick Settings dan masih banyak lagi. Perubahan ini semakin membuat UI ChromeOS menyatu dengan layanan Google lainnya, Rabu (30/11).

Setelah lebih dari satu tahun mengembangkan ChromeOS, kini Google kembali merilis pembaruan mereka melalui ChromeOS yang mana telah mengadopsi fitur dan antarmuka khas Google, Material You.

Pengguna Google dan Android mungkin telah banyak yang mengetahui, sejak pembaruan Android 13 Google memberikan dukungan fitur seperti Material You yang dihadirkan melalui Android 13, di mana memberikan akses untuk akselerasi UI dengan pemilihan tema dinamis.

Google bekerja keras atas UI yang mereka usung ini, bahkan ada banyak layanan Google seperti Google Duo, Gmail dan lainnya yang dirombak tampilannya. Tampilan ini disesuaikan dengan Material You yang mengusung pemilihan tema sesuai dengan tone warna Wallpaper.

Kini ChromeOS mendapatkan gilirannya, terhitung sejak Januari 2022 kemarin Google merencanakan perubahan dengan melakukan sedikit perubahan kecil dengan Material You pada bulan Juni kemarin, meskipun begitu memang tidak sempurna.

Sejauh ini, sebelum pembaruan dirilis oleh Google maka kita menemukan tiga pembaruan yang cukup menarik dari fitur yang diberikan oleh Google melalui ChromeOS, diantaranya seperti:

  • Jelly / Jellyroll — Material You’s dynamic colors for ChromeOS
  • CrosNext — Material 3 componentsfor ChromeOS
  • FilesGM3 — Material You enhancements for the Files app

Kini, ChromeOS hadir dengan Material You dengan desain yang lebih menarik, walaupun begitu kami tim Nesabamedia menemukan beberapa hal yang menarik, di mana tampilan antarmuka Material You di ChromeOS berbeda dengan versi Android 13 di ponsel pintar.

Jika di Android, Anda akan menemukan Material You yang akan menyesuaikan tone warna dengan pemilihan Wallpaper yang Anda gunakan, maka ChromeOS berbeda. Di sini, Anda akan melihat beberapa pilihan warna seperti tema dengan warna Blue, Orange, Green dan Red.

Setiap warna tema akan menggunakan warna sesuai dengan apa yang Anda pilih, nantinya Anda juga bisa memilih untuk menggunakan versi Light atau Dark Theme.

Google Resmi Rilis Material You untuk ChromeOS 2

UI Light Mode di ChromeOS

Kami juga menemukan adanya fitur Quick Settings yang lebih baik, di mana Anda bisa melihat melalui gambar di bawah ini.

Google Resmi Rilis Material You untuk ChromeOS 3

Quick Access di ChromeOS

Area yang bertuliskan Title adalah akses apa yang Anda inginkan, misalnya Anda dapat langsung mengaturnya dengan menempatkan fitur apa yang sering Anda akses sehingga hanya perlu membukanya melalui Quick Access tadi.

Penempatan dari pemberitahuan juga sudah dipindahkan pada bagian kalender di ChromeOS dan tidak lagi muncul di Quick Access, terlihat sederhana namun konsep ini memang telah disesuaikan dengan Material You dari Google.

Bagaimana menurut Anda mengenai desain baru ChromeOS? Kemungkinan besar ChromeOS versi terbaru ini akan dirilis secara global pada awal 2023 mendatang.

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend