• Our Partners:

Aplikasi Chrome

Google Tunda Penutupan Tambahan Aplikasi di Chrome Sampai 2022

NESABAMEDIA.COM – Penutupan tambahan aplikasi di Chrome rupanya masih akan ditunda. Perusahaan tersebut mengumumkan penundaan rencana penutupan Chrome app pada hari Senin (10/8) kemarin.

Disadur dari 9to5Google, Google sebelumnya mengumumkan rencana untuk menghentikan dukungan untuk perangkat lunak yang “menempel” di browser Chrome tersebut. Namun rupanya rencana penutupan aplikasi di Chrome ini masih akan ditunda untuk sementara.

Sebagian besar pengguna internet memang kurang familiar dengan adanya tambahan aplikasi di Chrome. Terutama semakin jarangnya software ini digunakan. Bahkan Google mengungkap saat ini pengguna aplikasi tersebut kurang dari 1 persen, untuk Linux, Mac, dan Windows.

Perangkat lunak ini merupakan aplikasi tambahan yang bisa dipasang di Chrome. Kerja dari perangkat lunak ini juga akan sama dengan yang diinstal pada Desktop. Seperti misalnya aplikasi Pocket, yang banyak digunakan oleh pengguna Chrome.

Pada Agustus 2016, Google sempat mengungkap mengenai rencana untuk menutup aplikasi tersebut di Chrome. Di bulan Januari kemarin, Google kembali merilis pernyataan mengenai perangkat lunak tersebut akan berhenti bekerja di Chrome untuk Mac, Windows, dan Linux. Saat itu Google menyebut penghentian kerja aplikasi di bulan Juni 2020.

Namun rupanya rencaan tersebut diubah. Google menyebut aplikasi untuk Chrome masih akan bekerja setidaknya sampai Juni 2021. Hanya saja organisasi masih akan bisa memperpanjang dukungan untuk Chrome app di platfrom tersebut satu tahun lagi. Sampai Juni 2022.

Perpanjangan tersebut dikhususkan untuk pengguna Chrome OS, yang masih akan bisa menggunakan aplikasi sampai Juni 2022. Bukannya pada Juni 2021 tahun depan. Sedangkan secara luas, aplikasi di Chrome ini akan benar-benar ditutup pada 2022 mendatang.

Pengguna memang bisa dikatakan tidak akan terlalu kehilangan aplikasi di Chrome. Terutama karena semakin jarangnya aplikasi tersebut digunakan.

Di sisi lain, Chrome extensions dipastikan masih akan bekerja. Dibandingkan dengan aplikasi, ektensi di Chrome memang lebih banyak digunakan secara luas. Pilihan ektensi dan add-on yang akan bekerja di Chrome juga lebih banyak. Dibandingkan dengan aplikasi yang “menempel” di browser tersebut.

Faktanya, Google bahkan merekomendasikan pengembang aplikasi untuk Chrome berpindah ke extension. Meski keduanya memiliki fungsi dan kerja yang nyaris sama.

Jadi, bersiap mengucap selamat tinggal untuk tambahan aplikasi di Chrome ini pada tahun 2022 ya!

Leave a Reply

Send this to a friend