GPD-XP, Konsol Gaming Handheld Pesaing Nintendo Switch dan Steam Deck

GPD-XP, Konsol Gaming Handheld Pesaing Nintendo Switch dan Steam Deck

NESABAMEDIA.COMMungkin banyak yang berpikir, setelah peluncuran Nintendo Switch terbaru dan juga Steam Deck, tidak ada lagi konsol gaming lainnya yang muncul. Namun, perusahaan teknologi Cina GPD mengatakan bahwa mereka akan membuktikan bahwa pemikiran seperti itu adalah hal yang salah, karena mereka bersiap untuk meluncurkan konsol gaming buatan mereka sendiri bernama GPD-XP.

Dinamakan GPD-XP, perangkat konsol gaming handheld yang diberdayakan Android ini rupanya belum memiliki tanggal rilis yang pasti, atau ada banyak detail, tetapi menurut sumber yang diterima nesabamedia.com, konsol gaming ini akan menggunakan layar 6,81 inci, RAM 6GB, 128GB penyimpanan UFS 2.1 dan dukungan 4G (walaupun panggilan dan SMS dinonaktifkan). Slot microSD dan mikrofon internal juga akan disediakan di perangkat.

Dalam cuitan yang mengungkap beberapa detail tentang perangkat, GPD menjelaskan bahwa konsol gaming handheld GPD-XP akan mengadopsi pendekatan modular untuk desain, yang memungkinkan pengguna untuk menukar pengontrol Joy-Con-esque agar lebih sesuai dengan game apa pun yang mereka mainkan. 

Perusahaan menekankan bahwa perangkat ini “paling cocok untuk game MOBA dan FPS,” meskipun banyak pihak membayangkan sebagian besar genre lain juga akan bermain dengan baik.

Pada akhirnya, akan lebih banyak perangkat konsol gaming handheld berkualitas di pasar gaming terasa seperti hal yang baik. Seperti yang telah terlihat atas tanggapan beragam untuk Nintendo Switch OLED dan Steam Deck, jelas untuk melihat bahwa pasar konsol handheld memiliki ruang untuk bisa tumbuh, dan menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki konsol lainnya.

Mengingat tingkat minat di sekitar Switch OLED dan Steam Deck, tidak dapat dihindari bahwa lebih banyak calon konsol gaming handheld lainnya yang akan muncul. Tetapi untuk kasus GPD, perusahaan mungkin telah menemukan celah yang kredibel di pasar. Konsolnya tidak hanya berjalan pada sistem operasi Android yang sangat serbaguna, tetapi opsi kontrol modular menawarkan lebih banyak fleksibilitas daripada yang biasanya ditemukan di kompetitornya.

Konsep kontroler yang modular pada GPD-XP, memungkinkan tingkat penyesuaian yang lebih besar. Meskipun diyakini modul individual ini akan relatif mahal, mereka bisa berguna jika pengguna sering memainkan game yang tidak sesuai dengan pengaturan pengontrol tradisional, seperti game-game RTS semacam Age of Empires atau Civilization.

Soal harga, tentu saja, memainkan faktor besar dalam seberapa baik GPD-XP dibandingkan dengan Switch OLED dan model Steam Deck kelas atas. 

Diharapkan GPD-XP menjadi perangkat handheld yang cukup komplit dibandingkan dengan pesaingnya, tetapi jika pengguna tidak merasakan sifat inkremental dari Switch OLED, atau harga Steam Deck yang mahal, maka GPD-XP mungkin saja lebih cocok.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend