Gunakan Wi-Fi Dengan Nama Ini, Akan Rusak Perangkat iPhone

Gunakan Wi-Fi Dengan Nama Ini, Bisa Rusak Perangkat iPhone

NESABAMEDIA.COMBagi anda para pengguna perangkat iPhone, berhati-hatilah jika ingin terhubung ke internet dengan menggunakan jaringan Wi-Fi dengan nama yang aneh. Jika tetap nekat, maka perangkat iPhone anda akan mengalami kerusakan dan tidak akan bisa terhubung ke jaringan internet manapun.

Hal ini pertama kali ditemukan oleh peneliti keamanan bernama Carl Schou pekan lalu. Bug baru itu akan merusak pengaturan Wi-Fi perangkat iPhone, mengakibatkan pengguna tidak bisa lagi mengaktifkan kembali jaringan Wi-Fi dalam beberapa kasus, atau terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang pernah terhubung sebelumnya. 

“Setelah menghubungkan perangkat iPhone saya dengan jaringan Wi-Fi yang memiliki nama SSID ‘%p%s%s%s%s%n’, iPhone saya menonaktifkan fungsi Wi-Fi secara permanen. Melakukan rebooting atau mengganti nama SSID sepertinya menjadi cara untuk memperbaikinya,” kata Schou lewat akun Twitternya. 

Pengguna lain juga menemukan bahwa bug tersebut juga akan berdampak pada perangkat iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS versi 14.6.

Akar masalah dari bug ini diketahui terjadi pada format string yang error. Ini artinya adalah iOS membaca text pada nama SSID sebagai sebuah perintah untuk melakukan eksekusi tertentu, karena adanya simbol % dan kemudian mengalami crash karena perintah itu tidak valid. Bug ini tentunya tidak akan berdampak pada perangkat Android.

Bagi pengguna yang mengalami masalah yang sama, satu-satunya cara untuk memperbaiki fungsi Wi-Fi di perangkat iPhone itu adalah dengan mengatur ulang pengaturan jaringan dan membersihkan semua data jaringan yang tersimpan. Dengan adanya fitur caching iPhone dan nama jaringan, melakukan rebooting saja tidak akan cukup untuk memperbaiki masalah itu.

Untuk melakukannya, pengguna bisa mengakses halaman Settings → General → Reset → Reset Network Settings di perangkat iPhone masing-masing.

Pengguna juga bisa mematikan fitur penghubungan Hotspot otomatis di perangkat iPhone, agar sistem tidak begitu saja menghubungkan ke jaringan Wi-Fi yang tidak dikenal.

Bug ini sepertinya tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Potensinya sangat kecil sekali untuk menimbulkan kerusakan. Terlebih siapa yang akan benar-benar menggunakan nama seperti itu untuk jaringan Wi-Fi secara sengaja. 

Leave a Reply

Send this to a friend