Pengaturan Registry Baru Untuk Atur Tampilan Windows 11

Pengaturan Registry Baru Untuk Atur Tampilan Windows 11

NESABAMEDIA.COMDi saat Microsoft tengah bersiap mengumumkan sosok Windows 11, nesabamedia.com mendalami sebuah pengaturan Registry baru yang bisa digunakan untuk mengkustomisasi perangkat yang menjalankan sistem operasi itu. 

Sebuah Build Pratinjau dari Windows 11 telah bocor ke internet pekan lalu, yang memberikan bocoran seperti apa fitur-fitur baru yang akan dibawa Microsoft ke Windows Generasi Berikutnya itu. Fitur-fitur ini antara lain adalah perubahan antarmuka untuk Taskbar, Start Menu, dan komponen unik lainnya yang ada di Windows 11. 

Beralih ke Start Menu Klasik

Saat Windows 11 bocor ke internet, salah satu perubahan paling kontroversial yang terlihat adalah Start Menu yang baru. Di Windows 11, Microsoft menggunakan tampilan Start Menu yang benar-benar baru, berbeda dengan Windows sebelumnya, yang disebut mengadopsi dari Windows 10X. 

Meski menawarkan hal yang baru, namun ada beberapa pengguna yang tidak cocok dan belum terbiasa dan berharap bisa kembali menggunakan tampilan Start Menu yang lama. Kabar baiknya, Microsoft menambahkan kunci Start_ShowClassicMode di Registry yang memungkinkan pengguna untuk memakai mode Start Menu klasik yang ada di Windows 10. 

Caranya adalah dengan membuat sebuah DWORD 32-bit bernama Start_ShowClassicMode pada path 

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\ “Start_ShowClassicMode”

Gunakan angka 0 untuk menggunakan tampilan Start Menu Windows 11 yang baru, dan gunakan angka 1 untuk menggunakan versi lama.

Ukuran Taskbar

Windows 11 juga memungkinkan untuk mengatur ukuran dari ikon yang ada di Taskbar lewat pengaturan Registry, dengan kunci bernama TaskbarSi. Dengan mengatur value pada TaskbarSi, pengguna bisa menentukan ukuran Taskbar menjadi kecil, medium atau besar. 

Caranya adalah dengan membuat sebuah value baru DWORD 32-bit dengan nama TaskbarSi pada path berikut: 

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\ Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\ “TaskbarSi”

Kemudian masukkan angka 0 untuk ukuran Taskbar kecil, 1 untuk medium dan 2 untuk ukuran besar. 

Letak Taskbar

Untuk mengatur letak penempatan dari Taskbar di Windows 11, Microsoft memperkenalkan sebuah value Registry baru bernama TaskbarAl. Untuk melakukan pengaturannya, pengguna terlebih dahulu membuat DWORD 32-bit dengan nama TaskbarAl pada path berikut:

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\ Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\ “TaskbarAl”

Kemudian masukkan angka 0 untuk menempatkan taskbar di sebelah kiri, dan angka 1 untuk menempatkan tepat di tengah layar. 

Leave a Reply

Send this to a friend